Posts

Es werden Posts vom März, 2008 angezeigt.

Soes Segar

Bild
Seperti biasanya kue Soes yang kuketahui, banyak macam isinya. Kita bisa selipkan isi pada kue soes sesuai keinginan kita. Contohnya hari ini aku membuat kue soes dengan vanilla vla sebagai isi kemudian kuselipkan kiwi dan strawberry segar, sebagai pelengkapnya ... Sebelum aku hamil Andy, aku sering membuat kue soes ini dengan aneka rasa dan aneka pelengkap. Setelah itu ogah lagi, biasa kena virus malas ! Kue soes terdiri dari berbagai macam resep atau bahan, hanya cara pembuatan yang tetap sama ... Bahan Soes : - 1/4 ltr air ( bisa diganti dengan susu cair, kalo suka ) - 80 gr mentega - 1/2 sdt garam halus - 1 sdt gula pasir - 180 gr tepung terigu - 5 btr telur Cara membuat : 1. Masak terlebih dahulu air, mentega dan garam dalam satu panci. Masak hingga mentega meleleh,aduk sebentar. Matikan kompor. 2. Tuangkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil terus aduk kuat supaya terigu nggak menggumpal. Masih tetap aduk rata hingga adonan tampak licin/kalis. 3. Angkat panci dari kompor dan biarkan a…

Ck Pisang Ijo alas Keju

Bild
Bukan judith kalo nggak demen ngemil tapi ngemilnya serba demen yang manis alias dessert ! Kebetulan kemarin lalu aku punya pisang yang udah hampir layu dan harumnya makin kecium. Iseng2 biar mantap, kuolah saja si pisang tadi menjadi cake campur baur ala dapurku ... Bahan : - 12 btr kuning telur - 3 btr putih telur - 200 gr mentega cair - 150 gr gula pasir - 250 gr terigu - 1 sdt Ovallet - 2 sdm susu kental manis - 2 buah pisang, kerok/haluskan - 1/2 sdt pasta iji pandan wangi - Keju slice secukupnya Cara membuat : 1. Kocok semua telur, ovallet dan gula hingga mengembang. Tuangkan terigu sedikit demi sedikit sambil terus mengocok dengan kecepatan sedang. Tuangkan susu kental manis. 2. Kecilkan mixer, tuangkan pisang dan pasta ijo pandan wangi. 3. Terakhir, tuangkan mentega cair sedikit demi sedikit, campur hingga rata. 4. Tuangkan sedikit saja dari adonan dalam loyang yang telah diolesi mentega dan taburi tepung. Atur keju slice diatasnya kemudian tutup permukaan dengan sisa adonan yang ada. Panggan…

Sambelgoreng Pepaya muda

Bild
Bahan : - 1 buah pepaya muda yang masih hijau, kupas dan iris halus - 200 ml santan cair - 150 ml santan kental - Minyak goreng secukupnya untuk menumis Bumbu halus : - 2 btr. kemiri - 3 siung bawang putih - 5 - 6 siung bawang merah - 7 buah cabe merah - 5 btr ebi Bumbu lainnya : - 1 ptg lengkuas, kurleb 2 cm. Tanpa daun salam ... - 1/2 sdt garam halus - 1 sdt kaldu sapi instant - Gula merah secukupnya Cara memasak : 1. Tumis terlebih dahulu semua bumbu halus hingga berbau harum. Tuangkan santan cair kemudian aduk rata. 2. Masukkan pepaya muda, menyusul kemudian bumbu lainnya. Biarkan beberapa menit. 3. Terakhir, tuangkan santan kental dan sambil terus aduk perlahan hingga mrndidih. 4. Angkat. Kemudian sajikan bersama hidangan pokok lainnya ( nasi atau ketupat lontong ) Selamat Makan Indonesia ....

Bakmi Pecel

Bild
Hidangan ini nggak susah bikinnya. Berawal dari Bakmie goreng jawa, kadang bosen juga kalo disantap begitu saja. Makanya aku jadi inget waktu masih sekolah dulu, mbak dikantin sekolah kadang jual bakmie pecel yang dilengkapi dengan bakwan sayur. Wah, maknyuss rasane ... Bumbu bakmi gorengnya : - 2 siung bawang putih - 5 siung bawang merah - 1/2 sdt lada bubuk - 1 sdm kecap manis - 1 sdt kecap asin Pelengkap bakmie goreng : - Selain sebungkus mie telur yang telah direbus setengah matang, sediakan juga : - kubis / kol putih secukupnya, iris miring - 2 buah wortel, potong sesuai selera - Daun bawang seledri secukupnya - Minyak goreng secukupnya untuk menumis Cara memasak : 1. Setelah kedua macam bawang diiris halus, tumis bersama lada bubuk hingga harum. 2. Masukkan mie dan pelengkap lainnya, aduk hingga rata. Kemudian tuangkan sisa bumbu lainnya. Sekali lagi aduk rata. Angkat. 3. Sajikan bersama bakwan sayur dan siram dengan sambal pecel secukupnya. Selamat Mencoba ...

Rendang Kentang

Bild
Bukan berarti rendang kentang ini tanpa daging. Seperti biasa kalo aku membuat rendang yaitu dengan daging sapi, kemudian kutambahkan baby kentang setelah daging sudah benar2 empuk. Bahan : - 1 kg daging sapi, potong sesuai selera - 250 gr baby kentang - 300 ml santan cair - 500 ml santan kental - Minyak goreng sedikit, untuk menumis Bumbu halus : - 5 btr kemiri sangrai - 7 buah cabe merah besar - 3 siung bawang merah - 7 siung bawang putih - 1/2 sdt ketumbar sangrai - 1/2 sdt. junten sangrai Bumbu lainnya : - 1 btg daun sereh, potong dua - 1 lbr daun salam - 1 ptg lengkuas, kurleb 2 cm - 1 lembar daun kunyit ( segar atau kering ) - 1 sdt garam halus + 1 sdt bumbu penyedap - 1 ptg gula merah, kurleb 2 cm Cara memasak : 1. Tumis terlebih dahulu semua bumbu halus hingga harum. Menyusul kemudian bumbu lainnya. 2. masukkan potongan daging, dauk rata beberapa menit kemudian masukkan santan cair. 3. Kecilkan api, biarkan beberapa menit hingga si daging agak empuk dan santan cair agak menyusut.…

Salate Buah

Bild
Dessert paling mudah cara buatnya dan paling disenangi mertua, suami dan anak2ku ... Kita tinggal memadukan aneka buah sesuai selera tapi asal buah2an yang pantas dipadukan lho... Kemudian beri sedikit perasan Lemon, aduk rata dan biarkan beberapa menit hingga seluruh aroma dari berbagai macam buah meresap. Sajikan dengan topping atau whiiped cream. Selesai ...

AyGor Lepastulang

Bild
Kurleb 15 tahun yang lalu, ada salah satu dari om dan tanteku yang buka waroeng makan dengan nama seperti judul yang tercantum diatas. Karena proyek gusur menggusur di Jakarta Pusat, maka waroeng mereka juga kesambit proyek gusuran tersebut ... Bagai daun kering tertiup angin kemudian terbang dan dipungut dinas kebersihan ( tapi sayangnya nggak didaur ulang ) entah kemana si aygor lepastulang itu. Karena sudah tak kudengar lagi beritanya, perkembangannya apalagi baunyapun sudah tak tercium boo .. Disebut lepastulang, karena ayam goreng ini sangat lunak dan dagingnya mudah lepas dari sang tulang hingga si tulang resik tak tersisa urat sedikitpun, konon ceritanya begitcuuu ... Bahan : - 1 Ekor ayam (terserah mo ayam kampung ato kota), potong sesuai selera - Air secukupnya Bumbu halus : - 3 btr. kemiri - 1 siung bawang putih - 1 ruas ibu jari kunyit - 1 potong lengkuas - 1 potong jahe Bumbu lainnya : - 1 lbr. daun salam - 1 btg. daun sereh - 1/2 sdt. lada bubuk - 1 sdt. garam halus - 1/2 sdt…

Roti Kepang

Bild
Rotinya bisa ngikutin resep roti lembut lainnya bluder, bunderan, manis, asin tawar, esmeralda eh esamandya dll ...he he! Tapi cara ngepangnya aku ikuti Swiss tradisi.. Nama rotinya adalah Butter Zopf yang artinya Kepang Mentega, Sudah tradisi kalo roti ini adalah roti special untuk Weekend. Dinikmati bersama keluarga, acara party dan dengan berbagai macam selai, mentega, keju, nutella dsb sebagai pelengkapnya. Hanya bedanya dari roti ini yaitu rasanya tawar2, manis dan gurih gimana ... gitu ! Tapi kalo hanya sekedar ngikuti bentuknya saja kan boleh, karena di supermarket juga tersedia roti Butterzopf dengan rasa manis yang pada permukaan roti ditaburi irisan almond!

Bahan dan cara pembuatan roti ini nggak sulit, cuma ngepangnya buatku rada njlimet ! Karena ku sendiri nggak bisa ngepang rambut dibagi 4, bisanya cuma kepang biasa ... ala kuda ....

Bahan : - 500 gr. terigu - 1/2. sdt. garam halus - 1 sdt. gula halus - 50 gr. mentega - 7 gr. fermipan/gist instant - 1/4 ltr. Milk fullcream/susu …

Gulai Nangka muda

Bild
Lagi pingin maem hidangan ini, pedes2 seger ... Kebetulan lagi ada bahannya walau nggak banyak, setidaknya tombo pingin ... Bahan : - 250 gr. nangka muda, potong sesuai selera dan rebus hingga matang - 1oo gr. bambu muda (rebung), iris tipis - 250 ml. santan kental + 100 ml gr. santan cair Bumbu halus : - 3 - 4 btr. kemiri - 5 btr. cabe merah - 1 siung kunyit segar - 5 siung bawang merah - 3 siung bawang putih Bumbu lainnya : - Daun salam dan lengkuas secukupnya - 1 btg. sereh, geprek - 1/2 sdt. jahe bubuk - 1 lbr. daun jeruk - Minyak goreng untuk menumis Cara membuat : 1. Tumis semua bumbu halus hingga harum, masukkan bumbu lainnya dan tuangkan santan cair. 2. Masukkan Nangka muda yang telah direbus menyusul kemudian bambu muda (rebung), aduk rata. 3. Setelah beberapa menit, tuangkan santan kental kemudian aduk perlahan secara bertahap hingga si gulai matang. Selamat Mencoba ...

Sate Udang

Bild
Sate Udang ini hidangan kesukaan misuaku tapi nggak pake cabe lho,dia nggak doyan pedes ... Cara membuatnya nggak sulit, nggak jauh beda dengan sate ayam hanya bumbunya rada lain. Cara membuat : - Siapkan udang kupas, biarkan ekornya. Durasi udang sesuai selera. - Tusukkan udang satu persatu dengan tusukkan sate, beri bumbu kecap asin dan kaldu ayam instant secukupnya sebelum di bakar. Biarkan beberapa menit hinga bumbu meresap. - Bakar diatas bara api, hingga udang berbau harum dan matang. - Sajikan dengan sambal kecap manis yang telah diberi perasan jeruk purut. Cocok dinikmati bersama nasi hangat, kentang bakar dan salade ... Met Nyoba, nyammmi ...

Buto Ijo ...

Bild
Buta ijo ... Buncis Tahu cabe ijo, wakakakakkk ! Enak lho si buto ijo ini beserta ambune khas pete ... Bahan : - Beberapa gelintir buncis, potong miring - Sebongkah Tahu, potong dadu dan goreng setengah matang - Udang secukupnya - Cabe ijo secukupnya, potong miring - Pete secukupnya Bumbu : - Bawang merah + bawang putih, iris tipis - Kecap manis + kecap asin - Terasi secukupnya - Secuil lengkuas tanpa daun salam - Sebutir Jeruk Purut, iris tipis - Minyak goreng untuk menumis - Air secukupnya - Kaldu sapi instant secukupnya Cara membuat : 1. Tumis bawang merah putih hingga harum, masukkan udang. Menyusul bumbu lainnya kemudian aduk rata hingga udang setengah matang. 2. Tuangkan buncis dan tahu, beri air dan aduk lagi. Diamkan beberapa menit hingga semua bahan matang. Angkat dan hidangkan bersama Nasi hangat ... Selamat mencoba ...

Variasi Puding Pepaya

Bild
Berawal dari anakku Diaz dan Meta yang kadang kena serangan Sariawan, datang tak diundang pergi musti diusir ! Aku nggak punya obat khusus untuk ini, cuma inget kata Bapakku minum banyak air putih hangat atau makan buah Pepaya ...

Diswiss nggak ada pepaya seperti di Ina, gede2 dan seger2 eh manis pula ! Nah, yang sering kutemukan cuma pepaya Thailand atau pepaya Brazil, kecil2 duh imutnya amit2 deh ...
Masalah kecilku adalah, para Precilku nggak suka makan buah ini apalagi kalo nggak manis !
Aku jadi inget kurleb 17 tahun yang lalu sering bikin pepaya puding, akhirnya muncul lagi ide tersebut dalam otakku yang udah rada amburadul ini, hasilnya nggak rugi deh ! Obat panas dalem sekaligus dessert yang digemari precil2ku ....
Jangan bertanya pada rumput yang bergoyang, tanyakan saja pada lidah yang bergoyang setelah menikmati Dessert yang satu ini ....



Bahan : - 1 buah pepaya, kupas kulitnya kemudian belah menjadi 2 bagian dan kerok bijinya. - 1 bks agar2 putih. - 3 gelas santan cair. - gula pasi…

Semur Bola2 Ayam

Bild
Kebetulan aku punya daging ayam giling yang kupesan dari Comestibles, enak sudah dibumbuin jadi akunya nggak musti repot2, tinggal mbunder2in aja kemudian masak ala semur ... Bumbu dari ayam giling tersebut hampir sama dengan ayam giling ala kita, cuma sedikit berbeda, karena sebenarnya ayam giling yang mereka jual ini adalah ayam giling special untuk Homemade Hamburger. Tapi bagiku, nggak ada salahnya kalo si ayam giling siap pakai ini ku modifikasi lagi sebagia hidangan lain. Alhasil ternyata EnaK & LeZat ... Bahan & bumbu ayam giling : - 1 kg. daging ayam giling - 1/2 sdt. lada bubuk + pala bubuk - 1 sdt. garam halus - 1 sdt. bumbu penyedap - 1 siung bawang putih, haluskan - 1 btr. putih telur ayam - Daun seledri secukupnya, rajang halus - Air secukupnya Cara membuat . 1. Campurkan semua bumbu dan bahan, uleni hingga rata. Diamkan beberapa menit. 2. Bentuk adonan sesuai selera kemudian rebus terlebih dahulu dalam air mendidih, hingga setengah matang. 3. Angkat dan tiriskan. Bumbu Semur : -…

Muffins Pisang Keju

Bild
Tadi rapat disekolah untuk para Ortu, judith cuma bawa ini nih Muffins pisang keju.
Bikin secukupnya yang penting bisa buat nyambi ngobrol dan nge-kaffee ... Toh masih banyak ibu2 yang lain juga bawa hasil karyanya masing2, kikikiiikkk... @pelit.com °L° ...
Cara bikinnya gampang dan ngirit saja, mengingat waktunya udah mendesak banget lantaran lupa, biasa amnesiaku kumat lagee ... Bahan : - 5 btr. kuning telur - 1 btr. putih telur - 250 gr. mentega - 175 gr. tepung terigu - 1 sdm. maizena + 1/2 sdt. vanilli - 75 gr. gula pasir - 1 buah pisang, kupas dan kerok isinya - 50 gr. cheedar cheese, parut - 2 sdm. susu kental manis - 1/2. sdt. baking powder Cara membuat : 1. Kocok mentega dan gula hingga putih, masukkan telur satu persatu sambil terus kocok hingga rata. Kecilkan mixer kemudian masukkan terigu sedikit demi sedikit, baking powder, pisang, susu kental manis dan vanilli. Sambil perlahan kocok, tuangkan separuh dari keju (25 gram) ratakan. 2. Tuang adonan muffins sesendok makan dala…

LotPor ala Dapurku

Bild
LotPor ini akan lebih uenak dan lengkap kalo memang ada pelengkap lainnya, walah ! bawel amat sih aku iki ! Kebetulan yang tersedia dipawonku sebagai bahan2 LotPor ini memang lagi nggak lengkap, males keluar blanja, lagi banyak angin ! Kwek kwek kwek .... Bahan : - Lontong secukupnya dan 1 kg. ayam, potong2 sesuai selera - Telur rebus/pindang secukupnya - 400 ml. satan kental + 100 ml. santan cair Bumbu : - 7 siung bawang merah + 3 siung bawang putih, semua rajang halus. - 1/2 sdt. lada bubuk - Daun jeruk, salam laos, sereh dan kunyit bubuk secukupnya - 1 sdt. garam halus - 2 sdt. gula merah - 1 sdt. kaldu ayam instant - 2 - 3 sdm. minyak goreng untuk menumis Cara membuat : 1. Tumis semua bumbu hingga harum, masukkan ayam potong sambil terus aduk rata hingga si ayam setengah matang. Tuang santan cair, diamkan beberapa menit. 2. Sekali lagi aduk rata sambil tuangkan santan kental dan teruskan mengaduk perlahan secara bertahap. 3. Setelah matang angkat dan sajikan bersama potongan lontong, telur pindan…

Bakwan jagung

Bild
Buat iseng iseng nggak berhadiah, cocok buat camilan ataupun buat lauk pauk, sayangnya nggak cocok buat temen minum Coffee, hiks ... Tentu saja gorengan ini dah nggak asing lagi ya ... Bahan : - 3 - 4 btr. jagung manis, parut dan haluskan lepas - 2 sdm. tapioka - 3 sdm. tepung terigu - 3 btr. telur - 1 btr. wortel, potong dadu kecil - Daun bawang dan seledri secukupnya - Minyak goreng secukupnya Bumbu : - 3 btr. kemiri - 3 btr. bawang merah - 2 btr. bawang putih - 1/2 sdt. lada - 1/2 sdt. garam - 1/2 sdt. kaldu ayam instant Cara membuat : 1. Haluskan semua bumbu kemudian campurkan semua bahan2 diatas yang telah siap. Kecuali minyak goreng. 2. Aduk hingga rata seluruh adonan bakwan, sisihkan. 3. Sementara itu panaskan minyak goreng dengan api sedang. 4. Tuangkan adonan bakwan sesendok demi sesendok dalam minyak panas, goreng hingga garing dan matang. Begitu seterusnya hingga adonan habis. Selesai dan hidangkan. Selamat Mencoba ...

Kartoffel Gratin/Kentang Bakar

Bild
Hidangan paling praktis kalo aku lagi males masak macem2, selain mie instant dan hidangan praktis lainnya, kentang bakar ini termasuk juga hidangan yang nggak sulit2 amat bikinnya ... Bahan : - 5 butir kentang segar (pilih kentang yang besar) kupas dan iris tipis - 1/2 ltr. susu cair - mentega secukupnya - 2 sdm. maizena - 75 gr. keju parmesan Bumbu : - 1 siung bawang bombay, haluskan - 1/2 sdt. lada bubuk - 1/2 sdt. garam - 1 sdt. kaldu sapi instant Cara membuat : 1. Rebus kentang setengah matang, angkat dan tiriskan. 2. Campurkan maizena dalam susu cair dan aduk hingga rata kemudian masak dengan api sedang sambil terus aduk. Angkat dan sisihkan. 3. Sementara itu tumis bawang yang telah halus dan lada bubuk dengan mentega secukupnya, hingga harum. Setelah itu masukkan tumisan bumbu tadi kedalam adonan susu dan aduk lagi hingga rata. Tambahkan bumbu sisa lainnya. 4. Tuangkan kentang rebus tadi kedalam adonan susu dan ratakan, campurkan pula 25 gr. keju parmesan, aduk rata. 5. Siapkan pinggan tahan pan…

Cannelloni Fiorentina

Bild
Hidangan ini juga termasuk salah satu dari hidangan kesukaanku dan anak2, suamiku nggak doyan sayur bayem/spinat ( takut kayak Popeye kali ! ...). Cara pembuatannya memang rada ribet sih, tapi karena rasanya yang lezat tak mengusik sedikitpun keinginanku untuk membuat dan meracik si Canelloni ini ...
Sebenernya sama kok dengan Lasagne, tapi berhubung bentuk si Pastanya yang seperti pipa tersebut jadi namanya ya seperti itu. Hampir rata2 Pasta adalah sama, hanya saja berbeda nama sesuai bentuknya lah ....
Bahan seluruhnya :
- Canelloni Pasta secukupnya
- 300 gr. sayur bayem, ambil daunnya saja. (Saya pake bayem frozen)
- 1 ltr. susu cair untuk Bechamel sauce
- 200 gr. terigu + 2 sdm. maizena
- Keju Parmesan secukupnya, parut

Bumbu isi :

- 1 siung Zwiebel/bawang bombay, iris halus
- 1 siung kecil bawang putih, haluskan
- 1/2 sdt. lada bubuk + 1/2 sdt. pala bubuk
- 1 sdt. garam - 1/2 gelas cairan coffee krim
- 1 sdt. kaldu ayam instant
- 2 sdm. mentega untuk menumis

Cara membuat :

1. Rebus lembaran past…

Ikan Goreng Maizena

Bild
Kebetulan lagi pingin makan lauk pauk dari penghuni dasar laut, kecuali titanic dan kapal karam lainnya ... Ah sederhana saja, nggak neko2 aku punya ikan produkt frozen yang kubeli 3 hari lalu. Seperti layaknya di Tanah Air, aku nikmati saja si ikan goreng ini dengan nasi panas, sambel terasi dll, trus bocil2 pingin ikan goreng pake kecap. Aku nggak yakin betul apa nama dari ikan laut ini, yang jelas rasanya gurih, enak dan crispy ....
Aku cuma taburkan garam, kunyit bubuk, jahe bubuk dan maizena. Tentu saja setelah si ikan dicuci bersih ...Kemudian goreng garing dalam minyak panas dengan api sedang ...

Selamat Makan Indonesia ....

Bunderan Roti ...

Bild
Nah, kali ini baru kuposting nih roti manis nan empuk dari dapurnya neng Shinta pada judul "Soft Bread ....." di : http://shinta-littlekitchen.blogspot.com dan neng Shinta dapat sumber dari NCC. Pada resep yang ada di neng Shinta, beliau membuat 1/2 dari resep. Tapi saya, berhubung rada banyak yang musti dibikin, jadi saya membuat 1 resep dengan melihat2 perbandingan yang ada. Dan aku hanya olesi pada bagian atas roti dengan susu cair dan telur saja, nggak pake coklat atau keju dll, ngirit.com ... Hasilnya memang rada gosong nih roti-ku, hiks ... tapi habis ! Roti ini sudah kubuat sejak akhir Februar lalu, untuk Mittagtisch (Meja, hidangan makan siang) di sekolah. Setiap hari Kamis ibu2 mendapat giliran order untuk ini. Tergantung dari yang digantung, mo bikinnya apa atawa sesuai pesanan ... Kadang ada sebagian dari anak2 murid yang enggan pulang makan siang kerumah karena jauh atau ortunya nggak masak lantaran kerja/sibuk. Nah, hidangan makan siang ini disediakan bagi mereka…

Tahu Campur Situbondo

Bild
Berawal dari ronda blog sebelum semaput, aku mampir di blog-e mbak Hany di : http://percobaandidapur.blogspot.com/ Thhuuuiiiinng !! Mataku terpaku pada satu hidangan yang judule seperti kukutip diatas, seketika aku nggak jadi ngantuk liat lontong berselimut tahu dan tauge. OOhh so hot ... Kebetulan hari ini aku masih nyimpen stok tahu, memang sudah rencanaku mo ngutip resepnya mbak Hany dan ternyata hari ini kesempatan terbaikku untuk mencoba resep tersebut, sebelum tahu dan tauge-ku expired .... Seperti yang sudah kubayangkan hidangan ini pasti uenaak, walau rada ribet buatku, eh benul ! Mak nyoosss ... Bahan : - 4 buah tahu ukuran besar, goreng setengah matang - 200 gr. tauge, rendam dalam air panas - Petis udang secukupnya - 3 btr. cabe rawit (saya nggak pake, nggak punya) - Air hangat secukupnya - Lontong Bumbu Kacang : - 250 gr. kacang tanah, sangrai dan haluskan - 2 btg. daun bawang (saya nggak pake, udah habis) - 5 btr. kemiri - 3 siung bawang putih - 1 sdm.tauco - 1/4 sdt. lengkuas bubuk - 3 c…

Makan siang Hari ini ...

Bild
## SAYAP AYAM GORENG GARING


## SUP TAUGE

## BALADO TAHU

Kesehatanku belum pulih betul, walau sudah agak lumayan sih ... setidaknya aku nggak jadi penghuni pulau spons dan dacron, hiks ... kemarin seharian sampe sore cuma nggletak diatasnya. Pagi buka compi bentar, off dan pergi tiduuuuur ... Pagi ini aku dah selesai masak 3 macam hidangan 4 sehat 5 Arjuna ! Ntar lagi bocil2 pulang sekolah, tinggal panaskan nanti kalo para Arjuna dah mo siap santap, masih hangat sih ...

Simple Cookies

Bild
Cookies untuk anakku Maretha Regyta, seperti yang dia inginkan yaitu Brownies lapis dengan coklat decor. Seperti lapis surabaya tapi ini hanya brownies coklat dan brownies keju disemir Nutella dan dihias sedemikian rupa, begitulah maunya Metha. Biasanya kalo ada yang order cake decor, aku sering bikin saja cake lapis surabaya 3 susun/lapis atau BF cake, berhubung aku nggak mau kecewakan anakku yang sedang seneng2nya merayakan hari jadi, ya oke okelah ... Begitu liat hasil jadinya, si Metha nylethuk "Lho ini kok kayak cake seleranya mamie lagi ??" Waaah binun aku !! Kataku "Udahlah Met...yang penting brown and yellow Nies ..." hihihi ... Aku ingat Whippe Cream dari dapurnya neng Lia di http://smilingkitchen.blogspot.com/ yaitu pada Cup Cake Brown, terdiri dari 2 metode, dan disini saya ikuti metodenya neng Lia yaitu metode nomer 2. Siiip ... enak dan legit ! Walaupun decor-ku ini nggak secantik punya neng Lia, ngga po2 PD aja ! Danke Lia ... Anaku dan anak2-e tetang…

Cup Brokoli Panggang

Bild
Pertamakali makan camilan ini ketika aku pergi Meeting di Basel, pulang hampir malam, suamiku nggak bisa jemput karena sepulang kerja harus jagain anak2 di rumah.Ok, aku pikir cari camilan apa untuk dikereta biar nggak nyaknun, mengingat perjalanan masih satu setangah jam dan perutku sudah bernyanyi merdu ...Yuuuuhuuuuu ... Nggak pikir panjang lagi, aku singgah di sebuah supermarket besar yang juga menyediakan hidangan camilan macem2, nyammmiii ! Akhirnya pilihan jatuh pada Brokoli Schaufel, untuk pertamakalinya aku nyoba camilan itu jadi aku nggak beli banyak2. Eh astaga.com !! Ternyata enak sekali Brokoli ngumpet ini .... Lezat ! Kenapa aku nggak beli banyak ya., hiks ... Aku sama sekali nggak tau bahan dan bumbunya, tapi aku masih ingat rasanya. Pertamakali pula aku mencoba membuat camilan ini asal campur saja sambil inget2 rasanya Brokodet ini, hasilnya nggak buruk, rasanya uenak, porsinya kurang ! Namanya juga nyoba nggak disangka pasukan dirumah ternyata suka, jadi bukan porsinya …

BF Sederhana lapis Coklat

Bild
Sempet sempetin njepret sambil kerja ... mmpff .... mmppff ... Klick !!!



Cake BF Sederhana yang memang dibuat dengan lapisan coklat dan putih didalam dan masih seperti biasa yaitu kedua lapisan dengan whipped cream.
Berhubung k`sibukkanku banyak menyita waktu, makanya aku nggak sempet bikin foto cakep2 hihihi sempet2in deh ...
Ceritanya beberapa hari lalu orderanku yaitu cuma membuat Dessert Ecke yaitu pojok dessert dan bagian penataan meja ditambah lagi beres2nya, wah borongan kerjaan yang sangat menyenangkan sekaligus melelahkan ! Acara diadakan di Aula sebuah Sekolah perkumpulan muda mudi di sebuah Desa Kecil nan damai, jauh dari keriuhan kota, jauh dari hiruk pikuk kendaraan tapi dekat dengan berisiknya Kreta Api lewat ! Maklum nggak jauh dari Rel. Dan hidangan disajikan ala Prasmanan ... Nggak banyak2 harus membuat cake, hanya sebuah BF yang dilapis whipped cream coklat putih dan vanilli cake sederhana. Memang sangat sederhana mengingat para Undangan juga nggak banyak yaitu 17 Orang…

Soto Ayam Simple

Bild
Soto Ayam sudah terkenal dimana2. Enak disajikan hangat2, pedes, asem ... komplit abis yak ... Kebetulan lagi pingin makan ini beberapa hari lalu, alhasil aku masak ini untukku dan anak2 ... Baru sempet diposthuiiiing hari ini, mengingat masih ada kesibukkan lain yang harus dikerjakan. Bahan & Pelengkap : - 1 Ekor ayam, buang lemaknya dan kukus terlebih dahulu hingga beberapa menit. - Soun, Tauge, Kubis dan semua sudah siap rebus setengah matang. - Tomate segar + telur rebus secukupnya. - Kerupuk bawang, atau sesuai selera deh ... - Jeruk nipis secukupnya + bawang merah goreng. - Cabe rebus yang dihaluskan. - 1 1/2 ltr. air untuk kuah dan minyak goreng secukupnya untuk menumis. Bumbu Halus : - 3 btr. kemiri + 1 sdt. ebi + 1/2 sdt. jinten.
- 3 siung bawang putih
- 1 sdt. ketumbar + 1sdt. lada. - 1/2 ruas ibu jari Jahe + 1 ruas ibu jari Kunyit. - 1 sdt. garam + 1/2 sdt. gula dan kaldu ayam instant (aku pake dari maggie) Bumbu Kasar : - 2 btg. daun sereh ambil bagian bawah saja, 3 lbr. daun jeruk,…

Oseng Pare

Bild
Rasa sayuran ini memang pahii, sepahit pengalamanku .... Tapi nggak seberapa pahit sih kalo dah dimasak dan dihidangkan, selain itu Pare yang kubeli dari Asia Shop ini adalah pare yang Gede, bukan yang imut2 kayak liliput lho ... nah yang itu sih lebih pahit lagi ! Bahan : 2 batang Pare yang besar. Iris tipis dan cuci dibawah kran sambil diremet2. Tiriskan. Bumbu : - 5 siung bawang merah - 2 siung bawang putih - 4 buah cabe merah + 4 buah cabe ijo - 1/2 sdt. terasi bakar - 2 btr. tomate cerry - 1 lbr. daun salam + lengkuas secukupnya. - 1/2 sdt. garam + 1 sdt. kaldu sapi instant. - Minyak secukupnya untuk menumis. Cara memasak : 1. Iris tipis terlebih dahulu kedua macam bawang, cabe dan tomat. Panaskan minyak goreng. 2. Kecuali tomat. Tumis bumbu yang sudah diiris tipis, aduk rata hingga berbau harum. 3. Masukkan pare sambil terus aduk hingga pare layu, masukkan sisa bumbu2 yang lain. Biarkan meresap kemudian angkat. Sajikan bersama Nasi hangat besrta lauk pauk lainnya. Selamat Mencoba ...