Posts

Es werden Posts vom April, 2008 angezeigt.

Happy Donut`s

Bild
Semalem kubikin ini ... Pake cara termudah dan nggak harus lama menunggu. Mengingat si Andy lagi rada nggak enak badan, mungkin dia pingin ngemil2 yang berat dan mengenyangkan. Kalo dah gini, menu utama yang kumasak nggak bakalan abis dweh ! Nggak cuma buat si bungsu Andy aja tapi juga buat anak2ku lainnya dan juga papanya. Donat kali ini lain daripada donat yang beberapa tahun lalu pernah kubuat. Makanya kuberi nama happy donut`s ! karena selain rasanya enak, cara bikinnyapun praktis dan murah meriah. Entah sugesti atau apa sih, tiap kali kupingin bikin hidangan yang cepet dan ngirit ... lha kok jadinya kebetulan banget uenaaakkk, he he ! Kalo lagi bikin hidangan yang bener2 enak, kadang butuh waktu lama dan royal.com kalo pingin bahannya komplit. Ada2 aja urusan perut, dapur dan dompet kok nyambung ...



Bahan : - 2 sdm mentega - 200 gr gula halus - 2 btr telur - 1/2 sdt vanilli - 450 gr tepung terigu - 3 sdm baking powder - 1/2 sdt garam halus - 250 ml susu cair - Minyak goreng secukupnya utnt…

Pink Wajik

Bild
Kebetulan lagi dapet orderan wajik ini untuk minggu depan. Tapi beberapa hari lalu aku sudah coba bikin si wajik ini sekedar untuk pemanasan, karena aku dah lama banget nggak bikin wajik. Sembari lupa2 inget, aku bikin aja jas jes jos .. hasilnya enak sih kata temen2ku yang lagi itu pada nyobain di acara horrortime. Itupun aku cuma bisa bawa separuh dari yang ada karena precilku juga doyan. He he ! ... Bahan : - 1 ltr beras ketan, kukus terlebih dahulu - 200 gr gula pasir - 500 ml santan kental - 100 ml santan cair - 1/2 sdt garam halus - 1 sdt vanilli - Pewarna makanan secukupnya (aku pake warna pink) Cara membuat : 1. Tuangkan beras yang telah dikukus kedalam wajan anti lengket. Tuangkan santan secara bertahap sambil terus aduk beras ketan. Gunakan temperatur api dengan panas kecil. 2. Tuangkan gula, garam dan bahan2 lainnya sambil terus aduk rata hingga cairan santan mengering. Perhatikan butiran beras, apabila sudah membengkak dan bening pertanda sudah matang. Angkat. 3. Tuangkan adonan wajik…

Lasagne Bolognese

Bild
Bahan A :

- 500 gr Festaiola/Lembaran pasta khusus untuk lasagna - Air secukupnya untuk merebus lasagna pasta - Keju parmesan secukupnya untuk taburan diatas
Bahan B ( Bechamel Sauce) :
- 1 ltr susu cair - 2 sdm terigu, ayak - 1/2 sdt lada bubuk - 1/2 sdt pala bubuk - 1 sdt kaldu sapi instant - 2 sdm keju parut ( edam keju atau parmesan ) - 2 sdm mentaega untuk menumis
Bahan C ( Bolognese Sauce) : - 1 kg daging sapi giling, sangrai sebentar dengan panas api besar - 3 siung bawang bombay,cincang halus - 1 siung bawang putih, cincang halus - 1 buah wortel, potong dadu kecil - 1 botol saos pasta tomat Sugo atau Rusticco (kurleb 300 gr) - 5 btr tomat segar, giling halus - 1 ikat basilikum, cincang halus - 1 sdt oregano + 1/2 sdt majoran kering - 1 lbr/btg seledri - 1 sdt kaldu sapi instant - 1 - 2 sdt garam halus - 1 sdt gula pasir - Minyak goreng secukupnya untuk menumis
Cara membuat Bahan A :
1. Rebus setengah matang lembaran lasagna 2. Tiriskan perlembarnya
Cara membuat bahan B :
1. Panaskan mentega dengan api seda…

Pommesfrites Pedes ...

Bild
Sebenernya hidangan ini cuma pommesfritesyang diadaur ulang, hehe ! Kemarin lalu ceritanya aku bikin kentang goreng ini tapi kebanyakkan, jadinya nggak habis dan masih ada sisa sedikit. Sayang kalo dibuang, kubikin aja si pommesfrites ini menjadi camilan asyik tuk menemani nonton TV atawa ronda blog ! Nah, kalo dah dipedesin gini tentu saja para precilku nggak semuanya doyan dong ... Sopo maning kalo bukan mbokne yang nerusin abisin, hiks ... Bumbunya gampang aja, sama seperti balado keripik lainnya. Cuma kali ini kubuat rada manis, asem dam puedes biar lebih afdol sebagai camilan. Nggak taunya anak2ku juga doyan, cuma Andy si bungsu yang nggak mau coba hihi ! dia tau ada cabenya dan tentu saja itu pedas untuknya. Berawal dari rasa sayang mo buang pommesfrites yang kalo nunggu ampe besok pasti dah nggak enak lagi, makanya kupermak deh ! Aku cuma bubuhi beberapa cabe merah dan bawang merah yang diuleg, kemudian beri irisantomat dan lemon. Tentu saja si cabe merah, bawang merah dan tom…

Proll Pisang

Bild
Dua hari lalu aku beli pisang raja disebuah toko Asia. Baunya udah harum, kurasa pisangnya pasti dah rada mateng. Hari ini baru ada kesempatan mengolahnya. Berhubung aku punya 1 sisir pisang yang bobotnya kurleb 1, 5 kg. daripada busuk dan terbuang, lebih baik aku bikin proll pisang aja. Karena kalo kubuat proll pisang sudah tentu si pisang 1 sisir akan terpakai semua dan dijamin enaaak ! Tapi ngomong2 sekarang dah hampir jam 03 pagi, jadi aku bobok dulu. Updatenya masih bersambung ....
Dua hari kemudian ... Wah kelamaan boboknya yak. Seabis update ini 2 hari lalu aku dan keluarga pergi lagi ..seharian nggak dirumah. Ampe malemnya si bungsu Andy sakit. Hingga hari ini masih rada lemes tapi dah mendingan sehat dan udah kembali bermain, hiks ... Dasar cuaca yang menyebalkan !
Bahan : - 1/2 sisir pisang raja ( kurleb 1 kg ) - 3 btr telur - 75 gr gula pasir - 170 ml santan kental - 75 gr tepung terigu - 1 sdt vanilli - 1/2 sdt baking soda - Almond/Kenari slices secukupnya Cara membuat …

MieGor Sate Tahu

Bild
Nah, yang ini menuku. Sederhana, nggak neko2, praktis, enak dan murah meriah tapi pudeesss !! Ampe nggak ketulungan panasnya panas boo ...

Yang kumasak adalah Oseng2 Bakmi cabe ijo dan sebagai pelengkapnya yaitu Sate Tahu !! Tentunya setelah diberi bumbu, barulah si Tahu dibakar, hhhmm enak dan puas maemnya.
Mengingat kemarin seharian kami di Zurich trus makan siang mampir di sebuah resto keren ala prasmanan. Meliat hidangannya enak2 dweh, tapi begitu aku menyantapnya alamaaakk .... tawar blaass ! Wah dendam perutku seharian nggak puas menkonsumsi hidangan cantik ala eropah tapi kok tawar gitu. Aku ngak bisa menyebutkan nama resto-nya, bisa mematikan pasaran ! Malemnya kami mampir beli ayam bakar take away nggak jauh dari rumah, lha kok justru ayam bakar itu lebih uenak daripada hidangan yang diresto ... Kok kayaknya ngenes dweh daku, sehari nggak ngemplok hidangan Asia seperti tiada garam dilaut. Memang dweh hidangan paling memuaskan itu cuma kalo kita bikin atau masak sendiri ...

Da2 Kwek2 saos Orange

Bild
Si dada bebek yang montok ini udah nggak asing lagi jadi peserta pada daftar menuku sehari2 didapur. Karena daging ini termasuk hidangan favorit misuaku. Asal digoreng garing dan sertakan saos apa saja asal nggak pedes, dijamin dweh pasti ludes ! Kalo aku nggak doyan si kwek2 ini, doyannya si petok2 tok petok ... Cara masaknya nggak sulit. Dagingnya gurih garing dan renyah, serenyah suaranya "kwek .. kwek .. kwek "..(dasar bebek ..) Berikut ini resep dan cara buatnya .. Bahan : - Dada bebek, cuci bersih dan uleni dengan kecap asin + tapioka secukupnya - Minyak untuk menggoreng Bahan & bumbu Saos orange : - 1 buah orange, iris tipis - 3 sdm asam cuka yg terbuat dari buah plum - 1 siung bawang putih, geprek - 1/2 siung bawang bombay, iris tipis - Jahe 1/2 ruas ibu jari - 1 sdt kecap asin + 1/2 sdt bumbu penyedap - 500 ml air + 1 sdm tapioka - 2 sdt palmsugar ( aku pake yg bubuk ) - 2 sdm minyak goreng untuk menumis Cara membuat : 1. Goreng telebih dahulu dada bebek yang telah diberi bumbu…

Cocholate Fondue

Bild
Dessert ini tentu saja banyak dari kita semua sudah mengenalnya. Dengan buah2an sebagai pelengkapnya, tentu saja dessert ini jauh dari rasa mbleneg. Karena buah2an yang memang sudah exotic rasanya akan lebih lengkap kelezatannya bila dicelupkan dalam cocholate hangat. Dengan cara pembuatan yang sangat praktis, tidak menjadi halangan untukku membuat dan membuat lagi, maksudku kalo pas bocah2 pingin nambah ... Hayo ajalah ! Mama bolak balik kedapur buat ngetim coklatnya ...

Milk Puding

Bild
Puding yang nggak asing lagi buat precilku. Aku sering bikin puding ini untuk dessert kalo lagi males baking dan bikin dessrt lainnya yang sulit. Yang ini puding paling gampang buatnya, bergizi dan murah meriah. Pada penyajian puding ini kulengkapi dengan topping strawbery dan taburi dengan kepingan coklat, praktis ! Topping bisa diganti dengan rasa apa saja ...
Bahan : - 1/2 ltr susu cair - 5 sdm susu kental manis - 2 sdm maizena - 1 1/2 bks agar2 putih - 1 sdt vanilli
Cara membuat :
1. Campur terlebih dahulu semua bahan bersama dan aduk rata. 2. Masak dengan api sedang sambil teratur aduk rata hingga adonan mendidih 3. Angkat dan tuangkan adonan tersebut kedalam loyang yang sebelumnya telah dibasahi dengan air dingin. Biarkan hingga adonan mengeras, kemudian potong sesuai selera dan hidangkan dengan pelengkap, seperti : topping rasa apa saja, kepingan coklat atau dengan selada buah ...
Selamat Mencoba ...

Putu Ayu

Bild
Lantaran cari resep cepat kilat sejagat, enak dan murah meriah ( borongan maunya .. ), aku ngubeg2 di http://dapursederhana.blogspot.com/ punya-nya Jeng Melani yang juga bersumber dari Tabloid Nova. Hasilnya dapetlah jajanan ini dan bisa kucontoh resepnya. Kemarin malem ceritanya waktu dah mepet untuk menghadiri rapat Ortu di sekolah anakku, ogah mo bikin yang susah2 sebagai kue hantaran minum kopi .. Padahal si putu ayu ini lebih cepat bikinnya dan enak pula rasanya, bener2 asli jajanan tradisional ...

Bahannya : - 250 gr tepung terigu - 225 gr gula pasir - 4 btr telur - 130 ml santan masak, dinginkan - 1 sdt ovallet - Pasta pandan secukupnya
Bahan lainnya :
- Kelapa parut, kukus terlebih dahulu dan beri sedikit garam - Minyak goreng secukupnya untuk mengoles cetakan
Cara membuat :
1. Kocok telur dan gula bersama hingga mengental beri ovallet sambil terus kocok hinga putih. 2. Tuangkan tepung terigu sedkit demi sedikit diselingi dengan santan, bergantian hingga semua tercampur rata. Beri pewarna …

Vegetarian Soes

Bild
Judulnya keren, padahal itu Soes isi Ragout tanpa daging. Yang ini asli camilanku kalo anak2 suka soes yang manis2 isinya. Masih hampir sama dengan soes yang lain, cuma rada beda dikit aja. Yang namanya resep kan boleh diotak atik, sesuai selera. Ok to the point saja ... Bahan Soes : - 1/4 ( lebih dikit ) air - 80 gr margarine - 2 sdm keju parut - 180 gr terigu - 4 btr telur Cara membuat : 1. Hangatkan air dan margarine bersama hingga margarine meleleh. Matikan kompor. 2. Masukkan terigu sedikit demi sedikit bergantian dengan keju parut, aduk hingga rata hingga adonan licin, angkat dari kompor. Dinginkan. 3. Masukkan telur satu persatu hingga selesai dan semua tercampur rata. Ambil adonan sesendok makan dan tuangkan diatas loyang yang telah dialas kertas roti, begitu selanjutnya hingga adonan habis. Panggang dalam oven selama kurleb 40 menit dengan temperatur 180°. 4. Jangan buka oven hingga batas waktu yang telah ditentukan. Setelah Soes matang, angkat dan sisihkan. Gunting bagian tengahnya dan…

Labu Lapis

Bild
Labu terdiri dari berbagai macam model dan warna ( kok ngetrend amat yak .. ) tapi untukku dan anak2 cenderung menyukai labu kuning. Dengan labu jenis ini aku dah sering bikin berbagai macam hidangan. Seperti Soup juga tinutuan, puding juga kue lapis dll. Hanya saja yang saya masih nggak ngerti, kenapa labu di Swiss lebih cepat lembek dibanding labu di Ina ... padahal sebelum diolah si labu ini atosnya sama dengan labu kita di Ina. Satu contoh pengalaman saya, waktu pertamakali bikin lapis labu gagal total lantaran saya belum mengenal betul sifat labu eropah ini ! Sesudahnya, saya nggak lagi ikuti cara membuat labu lapis sama seperti di Ina ... Kecuali misuaku, aku dan anak2 suka sekali makan hidanagn yang komposisinya menyertakan pula si labu kuning ini. Untuk melengkapi kumpulan resepku, tidak ada salahnya ku Update si labu lapis ini karena kebetulan kemarin lalu saya sempat membuatnya sebagai hidangan minum teh sore hari ... Bahan labu : - 500 gr labu kukus - 70 gr gula pasir - 2 bt…

Marmer Kukus

Bild
Cara buat dan bahannya hampir sama dengan bolu kukus. Cuma yang ini nggak harus mekrok pada permukaannya. Selain cara buatnya yang mudah, bahan2nyapun ngirit ... Bahan yang kugunakan : - 250 gr tepung terigu - 3 sdm susu bubuk - 200 gr gula pasir - 1 sdt ovallet - 3 btr telur - 1 sdt vanilli - 1 cangkir ( espresso ) Sprite - 2 sdt Coklat pasta Caraku membuat : 1. Kocok terlebih dahulu gula pasir dan telur, kemudian masukkan ovallet sambil terus kocok hingga putih. 2. Masukkan tepung terigu sedikit demi deikit beserta susu bubuk dan vanilli, kecilkan mixer. 3. Tuangkan sprite, kocok perlahan hingga rata. Sisihkan adonan kurleb 4 sdm dan campur dengan coklat pasta. 4. Tuangkan adonan dalam loyang yang telah dialasi kertas roti, kemudian tuangkan adonan coklat ditengahnya dan putar2kan dengan garpu hingga berbentuk seperti marmer dan terakhir kukus selama 30 menit. Seperti biasa pada proses kukus ada berbagai macam typ. Seperti, panaskan terlebih dahulu dandang kukusan kurleb 15 menit. Kemudian alasi …

Tinutuan

Bild
Kurleb 12 tahun yang lalu saya pernah tinggal di Maluku, tepatnya dikota Ternate. Seiring berjalannya waktu, lambat laun saya banyak mengenal aneka hidangan ala "Pangana Pagoda Pastiles" ini. Nggak semua hidangan disana cocok untuk saya, tetapi setidaknya itu adalah awal permulaan yang baik untuk pucuk lidah saya yang asli Jawa dan terbiasa dengan hidangan Jawa. Dikarenakan hengkang ke pulau seberang melalui lautan lepas tak terbatas ! Naik kapal tentunya, masa mo membelah laut ! Dari situlah lidahku ini mulai beradaptasi dengan hidangan ala sono,begono ... Hidangan ini aslinya adalah dari Menado - Sulawesi. Di Maluku timur dan sekitarnya, banyak sekali para pendatang dari Sulawesi. Dari situlah hidangan ini mulai kukenal, juga termasuk hidangan2 lainnya yang nyammi dan cocok untuk lidah juga lambung saya. Banyak sekali pengalaman pahit saya selama tinggal dipulau itu hingga rasanya tak ingin kuingat2 lagi drama2 tragis disana. Tapi berhubung saya suka dengan sebagian hidanga…