Roti Kepang



Rotinya bisa ngikutin resep roti lembut lainnya bluder, bunderan, manis, asin tawar, esmeralda eh esamandya dll ...he he! Tapi cara ngepangnya aku ikuti Swiss tradisi..
Nama rotinya adalah Butter Zopf yang artinya Kepang Mentega, Sudah tradisi kalo roti ini adalah roti special untuk Weekend. Dinikmati bersama keluarga, acara party dan dengan berbagai macam selai, mentega, keju, nutella dsb sebagai pelengkapnya.
Hanya bedanya dari roti ini yaitu rasanya tawar2, manis dan gurih gimana ... gitu ! Tapi kalo hanya sekedar ngikuti bentuknya saja kan boleh, karena di supermarket juga tersedia roti Butterzopf dengan rasa manis yang pada permukaan roti ditaburi irisan almond!

Bahan dan cara pembuatan roti ini nggak sulit, cuma ngepangnya buatku rada njlimet ! Karena ku sendiri nggak bisa ngepang rambut dibagi 4, bisanya cuma kepang biasa ... ala kuda ....

Bahan :
- 500 gr. terigu
- 1/2. sdt. garam halus
- 1 sdt. gula halus
- 50 gr. mentega
- 7 gr. fermipan/gist instant
- 1/4 ltr. Milk fullcream/susu cair
Cara membuat :
1. Hangatkan Mentega bersama susu cair, hingga mentega meleleh (jangan sampai mendidih). Sisihkan. Campurkan terigu bersama gist instant, kemudian bentuk kubangan ditengah, tuangkan adonan mentega dan susu cair tadi, Aduk atau uleni hingga rata.
2. Setelah semua tercampur rata, diamkan adonan kurleb 30 menit, uleni sekali lagi dan biarkan selama 45 menit atau hingga adonan mengembang, diamkan dibawah temperatur 30° atau hangat.
3. Angkat adonan yang telah mengembang, bagi menjadi dua bagian dan letakkan secara horisontal dan vertikal, kemudian kepang seperti tampak pada gambar diatas.
4. Olesi permukaan roti dengan kuning telur yang telah dikocok lepas. Biarkan lagi beberapa menit.
5. Panggang dalam Oven hingga matang atau selama kurleb 30 menit dengan temperatur 190°.
Selamat Mencoba ....
Typ :
1. Untuk membuat Roti membutuhkan tenaga pada saat mengaduk adonan, kecuali bila dengan mixer. Karena adonan roti akan lebih bagus hasilnya apabila agak lebih lama nguleni dan betul2 semua bahan tercampur rata.
2. Bagi teman2 yang berdomisili di Ina, gunakan Terigu Cakra untuk membuat roti. Karena menurut pengalaman saya, kwalitas terigu tidak semuanya sama.

Kommentare

>Lisa hat gesagt…
rajin benerrr mbak Judith bikin roti.
rosy hat gesagt…
Mbak, kepanganne apik tuh..iki nguleninya pake tangan tho...ckckckck...hebat bgt tenaga dalam dikau hihihi..
Dyah Peni Tunjung Sari hat gesagt…
Halo lagi mbak,
tiap mampir...duh ajdi saya laper deh! Bikin roti mah kalo saya 'sekali2 ketika bulan biru' hehehe... buat saya susaaaah bikinnya...tapi gak nolak kalo ada yg bikinkan! hehe
yusnita hat gesagt…
wahh... jago bener mbak masakya.. d^^b

Beliebte Posts aus diesem Blog

Proll Pisang

Mini Terang Bulan Cake

Tahu Campur Situbondo