Soes Segar


Seperti biasanya kue Soes yang kuketahui, banyak macam isinya. Kita bisa selipkan isi pada kue soes sesuai keinginan kita. Contohnya hari ini aku membuat kue soes dengan vanilla vla sebagai isi kemudian kuselipkan kiwi dan strawberry segar, sebagai pelengkapnya ...
Sebelum aku hamil Andy, aku sering membuat kue soes ini dengan aneka rasa dan aneka pelengkap. Setelah itu ogah lagi, biasa kena virus malas ! Kue soes terdiri dari berbagai macam resep atau bahan, hanya cara pembuatan yang tetap sama ...
Bahan Soes :
- 1/4 ltr air ( bisa diganti dengan susu cair, kalo suka )
- 80 gr mentega
- 1/2 sdt garam halus
- 1 sdt gula pasir
- 180 gr tepung terigu
- 5 btr telur
Cara membuat :
1. Masak terlebih dahulu air, mentega dan garam dalam satu panci. Masak hingga mentega meleleh,aduk sebentar. Matikan kompor.
2. Tuangkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil terus aduk kuat supaya terigu nggak menggumpal. Masih tetap aduk rata hingga adonan tampak licin/kalis.
3. Angkat panci dari kompor dan biarkan adonan agak dingin.
4. Masukkan telur satu persatu sambil aduk2 rata. Setiap satu telur, aduk dan begitu seterusnya hingga semua telur tercampur rata.
5. Cetak adonan dengan sendok makan atau spuit, diatas loyang yang telah dialas kertas roti. Kemudian panggang dalam oven selama 30 menit dengan temperatur 180°. Jangan sekali2 buka oven pada saat memanggang adonan soes, hingga sampai/dekat pada waktu yang sudah ditentukan.
6. Biarkan soes agak dingin setelah matang dan sebelum diisi.
Bahan Vla :
- 1/2 ltr susu cair
- 3 sdm gula pasir
- 125 gr maizena
- 1/2 sdt vanilli
Cara membuat :
1. Masak susu cair bersama dengan gula dan vanilli. Sebelumnya sisakan sedikit susu cair untuk melarutkan maizena.
2. Setelah susu sudah agak panas, masukkan perlahan larutan maizena sambil terus aduk rata hingga tidak tampak gumpalan. Angkat dan dinginkan.
3. Isi kurleb 1 sdm kedalam kue soes yang telah dibelah bagian tengahnya. Kemudian selipkan kiwi dan strawberry, rapatkan kue soes. Begitu seterusnya hingga selesai.
Selamat Mencoba ...

Kommentare

.... Lia ... hat gesagt…
Judith...hmm yummy yummy kue sus nya...mau dong...fla nya pakai apa dith?
JB'lOg hat gesagt…
Alloo Mbak Judithh...

Waah senang neeh dikunjungi ama Ibuk Ibuk yang jago masak..
Makasih yaa ?? dah mo mampir ke GuBuK koe... walau apa adanya..
waah selera koe ngileer euyy lihat kue kuenyaa...

Salam walau udah kenal tapi belum tahu hehehe...
JB'lOg
Elsye hat gesagt…
cantikkk sus nya...jadi pengen nyomot...hihihi, tapi ga mungkin yak...mesti bikin sendiri nih..:P..

Beliebte Posts aus diesem Blog

Proll Pisang

Tahu Campur Situbondo

Home-made Rempeyek Kacang