Posts

Es werden Posts vom September, 2008 angezeigt.

Manisan KolKal dan Parcel

Bild
Beberapa minggu yang lalu dapet anter2 Parcel lewat SB, dan Parcel ini dapet dari Ma2 Jasmine di Doha. Terimakasih udah boleh nyomot Parcelnya. Sekalian buat teman2 dan para pengunjung dapur nyentrik ini, saya ucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri .. Minal Aidin WalFaidin (aduh .. bener nggak ya nulisna? ..) Mo nyontek tulisan diparcel tapi kok transparan gitu hurupnya ... Ok deh, buat semuanya Moga Hari Raya Idul Fitri ini membawa Hikmah yang baik yaa ..

Kemudian tentang manisan kolang kaling ini, juga di beberapa minggu yang lalu aku liat di blognya Sexy Chef. Jadi inget semasa sekolah suka jajan manisan kolkal ini dikantine tapi si ibu penjual kolkal nya menyajikan dengan tusukan sate, jadi seperti sate kolang kaling. Lucu, manis dan warna warni MENGGODA SELERA buatku, nyam nyam deh ..Cara membuatnya nggak neko2, aku cuma cuci bersih kolang kaling kalengan (lho? nggak kerenbahasanya ..) yang memang udah terlalu manis dan lengket. Aku pilah2 sedemikian rupa dan cuci dengan air hangat,…

MasBar - Soto Banjar

Bild
Masak bareng akhir bulan ini Soto Banjar, pas banget ama cuaca yang dah mulai dingin gini. Seharian ini aku sibuk ama keluarga, bawa para precil belanja baju2 baru lagee.. buat musim dingin. Susahnya boo, cari ukuran buat masing2 bocah yang berbeda usia. Tapi toh akhirnya selesai juga dan masing2 dah dapet sesuai selera mereka. Jadi malem ini baru sempet update MasBar ...
Kembali ke Eeeeevveent! Tentang Soto Banjar, terus terang aku belum pernah masak. Percobaan pertama aku mengutip langsung dari paket buku Resep SAJI pada kategori Soto2 Nusantara. Pertama aku mencicipi rasa dari soto banjar ini, agak gimanaaa .. gitu tapi ternyata enak dan maknyuss! Jadi inget waktu aku masih sekolah, kayaknya pernah makan soto dengan rasa yang sama di sebuah Pujasera Pasaraya Sarinah. Tapi nggak tau deh namanya soto banjar atawa soto benjol .. ahh yang penting uenak.
Bahan :
- 1 ekor ayam, dibelah 4
- 2.500 ml air
- 6 btr cengkeh (aku pake 5 btr)
- 5 cm kayu manis
- 5 1/4 sdt garam
- 1 sdt merica bubuk
- 1…

Coffee Maison dan Award

Bild
Cooffee Maison adalah salah satu kopi kesukaanku selain espresso dan capuccino. Kadang aku menikmatinya bersama temen2 di sebuah Cafe di Thun. Namun kalo pas dirumah, aku bikin sendiri dengan porsi yang secukupnya saja buatku. Sekedar buat selingan aku bikin cooffee ini sebagai penangkal rasa bosan, ha haa! Padahal memang aku suka banget minum Cooffee cream. Hampir setiap hari setelah makan siang atau dinner, selalu aroma cooffee cream juga mendampingi hidangan penutup alias dessertku. Bahan : - Secangkir kecil coffee espresso
- 2 sdt gula pasir
- 3 sampai 5 ptg es batu
- Milkshake + bubuk coklat secukupnya
Caranya :
1. Buat secangkir coffee espresso dalam gelas, tuangkan 2 sdt gula pasir dan aduk.
2. Beri beberapa potong es batu.
3. Tuangkan milk shake diatasnya dan taburi sedikit bubuk coklat pada permukaan milkshake.
Seringkali kalo pas ngopi bareng temen2, nggak ketinggalan Coffee Maison ini jadi incaran pertamaku, namun karena harganya yang lumayan nguras kocek.. lebih baik aku bikin send…

Tempe Tahu Penyet

Bild
Ada pepatah : Lapar adalah bumbu yang paling nikmat. Lantaran itu mungkin aku kepincut pingin bikin tempe tahu penyet ini. Karena beberapa hari ini lagi nggak enak badan, ogah beraktivitas plus kena virus males pula. Maemnya cuman yang serba praktis dan ekonomis. Pas tiba saatnya laper menggelitik perutku, musik keroncong dari lambung makin asyik berdendang ...*ngomong apa ini. Aku cuma bikin penyet2an aja dengan tahu tempe, enak banget meskipun nggak pake sayur ataupun daging sebagai pelengkapnya. Lahap bucil maem sebelum nenggak tablet aspirin .. Malemnya, gantian aku yang dipenyet2 ama para precil alias dipijitin!

Sama seperti layaknya sambal terasi biasa, namun bisa tambahkan beberapa daun kemangi dan diuleg atau dicampur bersama dalam sambal tempe tahu penyet. Buat yang suka lalapan bisa juga ditambahkan. Seperti yang sudah kutulis diatas, berhubung aku lagi nggak pingin berlama2 nguprek didapur, makanya aku bikin saja hidangan sederhana ini yang nggak butuh waktu lama buat persia…

Fitnes RotGar

Bild
RotGar (baca Roti Garing) he hee! Ditempat kami tinggal, roti garing karena dipanggang ini namanya Zwieback. Aku sering beli roti garing ini buat persediaanku dan para precil, entah buat temani minum teh, menu diet breakfast atau juga buat bekal ke sekolah. Tentu saja roti garing yang nama kerennya Roti Panggang ini, sudah gurih dan memang renyah. Demi menghindari selera yang monoton, seperti biasanya, aku suka otak atik hidangan yang membosankan menjadi sebuah menu praktis yang mengundang selera. Bukan seperti sisa makanan yang didaur ulang, melainkan si roti garing tersebut aku modifikasi sedemikian rupa dengan 3 macam buah2an yaitu Strawbery, Kiwi dan Peach ... karna yang tersedia di lemari esku cuma 3 macam buah itu, hiks ..
Bahan :
- Sediakan saja beberapa potong roti panggang dan buah2an segar sesuai selera.
- Whipped Cream secukupnya
- Vanilli dan gula pasir secukupnya
- Larutan gula gelly secukupnya
Cara membuat :
1. Atur rapi roti panggang diatas piring datar atau baki.
2. Kocok whi…

Simple BurYam dan Award

Bild
Cuaca yang beberapa minggu ini makin simpang siur, menggugah apettit untuk makan hidangan yang hangat2, seperti mie kuah, bakso, bubur ayam atau hidangan hangat lainnya sesuai selera. Beberapa hari yang lalu dah bikin hidangan keju panas, nah .. kemarin aku masak bubur ayam simple dan kilat sejagat! Mengingat para precilku nggak seberapa doyan kacang kedelai goreng dan cakwee, jadi aku nggak musti bejuang bikin cakwee ataupun nggoreng kedelai. Ha ha! males.net
Seperti layaknya buryam di gerobak, aku siram buryam pake kecap asin dan kecap manis sedikit, terus pelengkap lainnya yaitu Ayam goreng suwir, telur rebus, bawang merah goreng dan buat taburan selanjutnya yaitu irisan daun seledri. Selesai, kilat kan ... Caraku masak bubur :
- 1 gelas beras putih, cuci bersih. Kemudain masak dengan 1 1/2 liter air, aduk2 secara bertahap. Terakhir beri 1/2 sdt garam halus dan 1 sdt kaldu ayam instant, aduk dan angkat. Siiip, niscaya bubur akan berbau harum dengan aroma kaldu ayam. Kusajikan bersama…

Keju Bakar bikin Montok

Bild
Nama sebenarnya adalah Raclette, ciri khas Swissfood. Dan biasanya raclette atau keju bakar ini dihidangkan pada musim dingin. Namun bagi masyarakat disini, cuaca nggak mempengaruhi mereka untuk tetap menyajikan keju bakar tersebut. Baik itu musim dingin, musim semi, musim panas ataupun musim gugur. Yang jelas tergantung apettit, kalau pas kebetulan lagi pinginnya hidangan seperti ini, kenapa nggak? ...
Cuman, memang cocoknya untuk keju bakar atau raclette ini dihidangkan pada saat cuaca dingin. Sebagai dinner, kemarin lalu aku sajikan hidangan ini buat kami sekeluarga. Adakalanya orang menyajikan keju bakar ini dengan satu macam buah dan acar ketimun a la swiss, atau sesuai selera mereka menyajikan dengan apa saja yang cocok sebagai pelengkap. Tetapi sudah menjadi kebiasaanku sejak mengenal raclette ini, aku selalu menyajikannya dengan berbagai macam buah2an kaleng, acar ketimun dan baby union acar. Sedangkan partner utama buat keju bakar ini yaitu kentang rebus.

Kentang rebus, Peach, …

Soes Kering Keju

Bild
Buat iseng2 sambil ngrumpi ama keluarga, suka banget kue soes kering ini sebagai camilannya. Disamping juga camilan buah2an dan kue kering lain tentunya. Sembari memilah2 buah2 kecil jenis berry yang akan kukeringkan, senang rasanya bisa sempat nyambi bikin soes ini. Meskipun hasil jadi nggak gitu banyak, setidaknya keju parmesan yang dah lama kubeli nggak rusak dan terbuang. Musim panas hampir berlalu dan memasuki musim gugur ini banyak sekali tugas yang harus dikerjakan. Dari mensortir pakaian musiman, beres2 keller (gudang bawah tanah), beresin taneman hingga nguprek2 stok makanan di dapur ...*wwaakk repfot! Dan 2 minggu kemudian Suamiku dan Bocil2 mulai libur menyambut pergantian musim. Anak2 malahan dah pesen duluan pingin dibikinin lagi kue soes kering buat liburan mendatang .. Bahan :
- 200 ml air
- 100 gr mentega
- 1/2 sdt garam halus
- 50 gr keju parmesan, parut
- 120 gr tepung terigu
- 3 btr telur
Cara membuat :

1. Masak air, mentega dan garam hingga mentega mencair, matikan api.
2. M…

Lontong Meriah

Bild
Sekedar numpang lewat update artikel ini ...*hm ehem ! Cuaca yang makin berantakan akhir2 ini memicu keinginan buat maem hidangan tradisional Tanah Air. Bukan berarti aku jarang maem hidangan tradisional Tanah Air, melainkan karena hidangan yang satu ini banyak membutuhkan waktu. Demi menu inilah aku bersedia repot namun puas sesudahnya, karena terobati rasa kangen pada hidangan seperti ini ...*wadaaww njlimet amat nulisnya.
Hampir sama dengan sego liwet ala Surakarta, tapi cuma sambal goreng pepaya muda dan opor ayamnya saja. Nasi liwet kuganti lontong kemudian tahu bacem dan kerupuk sebagai tambahan pelengkap. Buat anak2 tentu saja nggak disertai sambel goreng pepaya muda, mengingat sayur tersebut kumasak puedes! Hii hi .. OK, demi mempersingkat waktu untuk tidak menulis berkali2 resep yang sama, maka aku sertakan 3 macam artikel dari beberapa bulan yang lalu ..
1. Resep Opor Ayam disini 2. Resep Sambal Goreng Pepaya muda disini 3. Resep Tahu Bacem disini pada bagian Menu ke-2 Terimakas…

Chicken Hot Wings

Bild
Sayap ayam memang nggak membosankan, apalagi kalau dimasak dalam aneka rasa. Bisa digoreng garing maupun dengan campuran aneka tepung untuk lebih crispy-nya. Sebagai pelengkap menu selain nasi, kentang goreng dan salad segar kali ini aku sajikan pula sayap ayam goreng tapi pedes. Selain praktis, rasa sayap ayam goreng ini juga lain daripada yang lain. Nggak terlalu crispy namun lunak dan gurih didalam.
Bahan :- 10 potong sayap ayam, cuci bersih dan tiriskan - Minyak goreng secukupnya - Sayur mayur atau lalapan sesuai selera.Bumbu :- 5 potong cabe merah besar, haluskan- 2 sdm kecap asin- 1 sdt kaldu ayam instant- 1 sdt madu- 1 btr telur ayamCara membuat :1. Campurkan semua bumbu dan sayap ayam bersama, aduk hingga seluruh bumbu tercampur rata. Tutup rapat2 dalam wadah dan simpan selama 1 malam dalam almari es.2. Goreng dalam minyak panas hingga sayap ayam matang dan berwarna kecoklatan. Angkat dan sajikan bersama sayuran segar, atau sesuai selera .. Praktis kan ... Untuk lebih cocoknya…