MasBar - Soto Banjar



Masak bareng akhir bulan ini Soto Banjar, pas banget ama cuaca yang dah mulai dingin gini. Seharian ini aku sibuk ama keluarga, bawa para precil belanja baju2 baru lagee.. buat musim dingin. Susahnya boo, cari ukuran buat masing2 bocah yang berbeda usia. Tapi toh akhirnya selesai juga dan masing2 dah dapet sesuai selera mereka. Jadi malem ini baru sempet update MasBar ...

Kembali ke Eeeeevveent! Tentang Soto Banjar, terus terang aku belum pernah masak. Percobaan pertama aku mengutip langsung dari paket buku Resep SAJI pada kategori Soto2 Nusantara. Pertama aku mencicipi rasa dari soto banjar ini, agak gimanaaa .. gitu tapi ternyata enak dan maknyuss! Jadi inget waktu aku masih sekolah, kayaknya pernah makan soto dengan rasa yang sama di sebuah Pujasera Pasaraya Sarinah. Tapi nggak tau deh namanya soto banjar atawa soto benjol .. ahh yang penting uenak.

Bahan :

- 1 ekor ayam, dibelah 4
- 2.500 ml air
- 6 btr cengkeh (aku pake 5 btr)
- 5 cm kayu manis
- 5 1/4 sdt garam
- 1 sdt merica bubuk
- 1 sdm gula pasir
- 2 sdm minyak untuk menumis
Bumbu halus :
- 15 btr bawang merah
- 8 siung bawang putih
- 2 cm jahe
- 1/2 sdt jinten
- 1/2 sdt adas manis
Pelengkap :
- 60 gr soun, diseduh
- 9 buah perkedel kentang (aku bikin lebih ..)
- 2 btg seledri, diiris
- 2 btg daun bawang, diiris
- 5 btr telur rebus
- 4 1/2 sdm bawang merah goreng
- 3 buah jeruk nipis
# Aku tambahkan lontong secukupnya dan sambeelll ..
Cara membuat :

1. Rebus ayam dalam air bersama cengkeh dan kayu manis sampai empuk.
2. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus sampai harum, tuangkan dalam rebusan ayam.
3. Masukkan garam, merica bubuk dan gula pasir. Masak hingga matang.
4. Angkat ayam. Suwir suwir dagingnya.
5. Sajikan Soto Banjar dengan pelengkapnya.

Untuk 9 porsi

Tip : Perkedel sebaiknya tidak dimasukkan dalam mangkuk saji. Suguhkan terpisah supaya tidak hancur. (weeek... tapi dipoto bukuna si perkedel nyelup aja dimangkuk saji, ikut2an latah deh aku ...)

Kommentare

Andri hat gesagt…
Lhaaa..Soto banjar maning soto banjar maning..Ngko komentarku podho kabeh nuh..Iyo mbak,ncen sotone nganggo lontong..dudu sego koyo nang jowo.
elsye hat gesagt…
mauuuuu...aku mau posting juga ahh :D...
A.G hat gesagt…
nek wes kecemplung musti gimana lagi bucil yo basahhhh... bsk ikut event lg ya....temane rolade tahu :)
living silence hat gesagt…
terakhir makan soto banjar di bogor, di daerah dekat terminal ke arah tajur, itu mantapps .. salam kenal
tukang Nggunem hat gesagt…
Aku yo sering dimasakin soto nang ibukku mbak, soto Jogja tapi, uenaakk...ning pas liat foto soto banjar kuwi dadi pengen nyoba juga...
Retno Prihadana hat gesagt…
Aku seneng banget soto banjar, segerr. Foto yang kedua cantik banget lho dith.
Shinta hat gesagt…
Setuju sama mbak Retno foto yg kedua, keren abis mbak Judith.
Bulan depan ikut lagi ya... menunya 'rolade tahu'.
Judith hat gesagt…
# Andri : Nggowo mangkok sisan Ndri nek arep komen ha haa! ben iso icip2 sotone :D

# Elsye : Hayoo posting duunk :D

# Ayin : TQ Yin, mudah2an aku bisa ikut event berikutnya ya :D

# Living Silence : Salam kenal juga ya, makasih .. ternyata emang enak ya Soto Banjar :D

# Tukang Nggunem : Hmmm Soto Jogja! Aku suka itu Git, waah lha piye toh malah dhadi pingin soto Jogja kiy :(

# Retno : Maturnuwun jeng Hajjah, ternyata apik toh poto kedua ... Hampir nggak PeDe aku :D

# Shinta : Makasih Diajeng, mudah2an aku bisa ikutan event berikutnya ya :D
elmo hat gesagt…
Waaaaa!!soto banjar!! elmo suka! hihi.. *jadi laper* ... contek resepna ah...

Beliebte Posts aus diesem Blog

Mini Terang Bulan Cake

Proll Pisang

Tahu Campur Situbondo