Manisan KolKal dan Parcel

Beberapa minggu yang lalu dapet anter2 Parcel lewat SB, dan Parcel ini dapet dari Ma2 Jasmine di Doha. Terimakasih udah boleh nyomot Parcelnya. Sekalian buat teman2 dan para pengunjung dapur nyentrik ini, saya ucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri .. Minal Aidin WalFaidin (aduh .. bener nggak ya nulisna? ..) Mo nyontek tulisan diparcel tapi kok transparan gitu hurupnya ... Ok deh, buat semuanya Moga Hari Raya Idul Fitri ini membawa Hikmah yang baik yaa ..


Kemudian tentang manisan kolang kaling ini, juga di beberapa minggu yang lalu aku liat di blognya Sexy Chef. Jadi inget semasa sekolah suka jajan manisan kolkal ini dikantine tapi si ibu penjual kolkal nya menyajikan dengan tusukan sate, jadi seperti sate kolang kaling. Lucu, manis dan warna warni MENGGODA SELERA buatku, nyam nyam deh ..

Cara membuatnya nggak neko2, aku cuma cuci bersih kolang kaling kalengan (lho? nggak keren bahasanya ..) yang memang udah terlalu manis dan lengket. Aku pilah2 sedemikian rupa dan cuci dengan air hangat, itupun masih terasa manis. Kemudian aku rendam beberapa bagian dengan sedikit air hangat dan 3 macam warna, yaitu hijau pasta Pandan, syrup merah Grenadine dan kuning pasta buah Nangka. Setelah beberapa menit kira2 warna sudah meresap, saring dan dinginkan dalam lemari es, kemudian sajikan sedemikian rupa dan sesuai selera. Sejauh yang aku ketahui bahwa kolang kaling yang sudah dalam kemasan kaleng atau toples adalah kolang kaling yang telah matang dan telah diberi larutan gula. Lantaran sudah lunak, aku nggak perlu merebusnya lagi, kecuali apabila si kolkal tersebut akan digunakan sebagai campuran kolak pisang. Payahnya kolang kaling ditempatku imut2 gitu, cepet lembek kalo dimasak agak lama.


Terakhir .. untuk beberapa hari aku ijin dulu dari blogsphere, masih dengan kesibukkan yang tiada henti dan bahkan akhir2 ini jarang ada dirumah lantaran misuaku dan para precil libur 3 minggu. Jadi ada kegiatan tambahan buat kami selain Jalan jalan juga kadang piknik ... Selama itulah kami seringkali pulang telat dan capek trus bobok adalah sararan empuk buatku. He hee ..
Tengkyuuu .... Photobucket

Kommentare

Eucalyptus hat gesagt…
Makasih ucapannya Dith, aku juga minta maaf ya kalau selama ini ada salah2 kata atau komen...
He he he, iya klo lebaran biasanya kiriman kue numpuk, jadi suka aku bagi2 lagi sama sodara ato tetangga... abis sampe belenek ngeliatnya
amalia hat gesagt…
wah bucil and the gank mau liburan ya...asyik yoooo...bucil ini emang di jamin kreatifitasnya gak ada habisnya. resep2 and foto2nya selalu ok...sukses terus ya bu...
veny hat gesagt…
Bucil ..
itu kolang kaling buatan mana ? mksd ku kalengan buatan mana ? indo pny ? or Thai ?
masih garing ? kalo dirumah kolang kalingnya suka aku masukin dlm campuran kolak pisang .
Lambertus L. Hurek hat gesagt…
Wuenaaak, pokoke masakane Ning Judith. Sampaikan selamat idulfitri untuk warga Indonesia di Swiss. Ojo lali, tuku masakane Ning Judith buat halal bihalal.
Elyani hat gesagt…
duh kebayang kolang kaling dalam kaleng pasti manisnya bisa bikin rambut berdiri (hiperbol banget ya)...coba kalo deket, wis tak kirimin se-ember deh bucil...dijamin masih kenceng2 kolang kaling-nya :)
rieke hat gesagt…
kolang kaling kaleng, saya blom pernah tahu.. kalau yang mentahannya itu paling malas pilih2nya soalnya kalau ga dipilih suka ga bagus kolang kalingnya.. uhm memang kolang kaling itu enak ya kenyel2 manis..
Retno Prihadana hat gesagt…
Nyomottt ah kolang kalingnya warnanya genjreng assoy euy, biasanya kolang kaling kalengan aku bikin buat temennya kolak pisang. Makasih ucapan Lebarannya ya dith, mohon maaf lahir dan bathin juga ya.
Judith hat gesagt…
# Eucalyptus : Makasih juga Mbak Evi, kalo aku tetangamu pasti kebagian kue2 yak :D

# Amalia : Wadaouw Jeng aku tersandung nih eh tersanjung :D Jadi malu ...*kedip2 mata

# Veny : Jelas kolang kaling kalengan import dari Thailand Ven, jelas udah nggak garing lah .. malah lembek pating klenyet gitu he hee! Makanya aku bilas berulangkali biar nggak terlalu muanis.. Kalo pas bikin kolak pisang, aku juga pake kolkal yang kalengan gitu, adanya cuma itu. TQ Ven :D

# Lambertus Hurek : Makasih Mas Hurek, sayangnya aku ini nggak pernah Halal Bihalal di KBRI :D

Salamnya dah kusampaikan ke teman2ku sesama Warga RI yang merayakan Lebaran di Swiss. He hee ..

# Elyani : Mau deh deketan ama Elyani, biar dapet ransum kolang kaling :D

# Rieke : Kolang kaling kalengan import dari Thailand mbak .. Tapi mendingan kolang kaling yang segar sih, nggak cepat hancur kalo dimasak. Thanks mbak Rieke :D

# Retno : Maturnuwun Jeng Hajjah, tukeran ama kue2na Jeng Hajjah yak .. he hee :D
Alex hat gesagt…
Gendang melayu bunyinya lantang,
Dara di hilir menari Zapin
Ramadhan berlalu Syawalpun datang
Mohon maaf lahir & batin

Berharap padi dalam lesung,
Yang ada cuma rumpun jerami,
Harapan hati bertatap langsung,
Hanya bermimpi dari sini.

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1429H.
Taqobalallahu minna waminkum wataqabbal ya karim.
Judith hat gesagt…
Makasih Alex, puisinya bagus sekali :D

Beliebte Posts aus diesem Blog

Mini Terang Bulan Cake

Proll Pisang

Tahu Campur Situbondo