Pink Wajik


Kebetulan lagi dapet orderan wajik ini untuk minggu depan. Tapi beberapa hari lalu aku sudah coba bikin si wajik ini sekedar untuk pemanasan, karena aku dah lama banget nggak bikin wajik. Sembari lupa2 inget, aku bikin aja jas jes jos .. hasilnya enak sih kata temen2ku yang lagi itu pada nyobain di acara horrortime. Itupun aku cuma bisa bawa separuh dari yang ada karena precilku juga doyan. He he ! ...
Bahan :
- 1 ltr beras ketan, kukus terlebih dahulu
- 200 gr gula pasir
- 500 ml santan kental
- 100 ml santan cair
- 1/2 sdt garam halus
- 1 sdt vanilli
- Pewarna makanan secukupnya (aku pake warna pink)
Cara membuat :
1. Tuangkan beras yang telah dikukus kedalam wajan anti lengket. Tuangkan santan secara bertahap sambil terus aduk beras ketan. Gunakan temperatur api dengan panas kecil.
2. Tuangkan gula, garam dan bahan2 lainnya sambil terus aduk rata hingga cairan santan mengering. Perhatikan butiran beras, apabila sudah membengkak dan bening pertanda sudah matang. Angkat.
3. Tuangkan adonan wajik kedalam loyang dan ratakan sesuai bentuk loyangnya. Tekan2 sedikit permukaannya dengan sendok nasi supaya si wajik padat. Biarkan dingin, kemudian potong2 sebelum disajikan.
Ada beberapa jenis beras ketan, tapi rasanya sama. Hanya cara mengolahnya yang berbeda. Saya gunakan beras ketan yang cepat mateng, jadi tidak perlu direndam dalam air terlebih dahulu melainkan langsung dikukus.
Selamat Mencoba ...

Kommentare

Beliebte Posts aus diesem Blog

Mini Terang Bulan Cake

Proll Pisang

Tahu Campur Situbondo