Putu Ayu


Lantaran cari resep cepat kilat sejagat, enak dan murah meriah ( borongan maunya .. ), aku ngubeg2 di http://dapursederhana.blogspot.com/ punya-nya Jeng Melani yang juga bersumber dari Tabloid Nova. Hasilnya dapetlah jajanan ini dan bisa kucontoh resepnya. Kemarin malem ceritanya waktu dah mepet untuk menghadiri rapat Ortu di sekolah anakku, ogah mo bikin yang susah2 sebagai kue hantaran minum kopi .. Padahal si putu ayu ini lebih cepat bikinnya dan enak pula rasanya, bener2 asli jajanan tradisional ...

Bahannya :
- 250 gr tepung terigu
- 225 gr gula pasir
- 4 btr telur
- 130 ml santan masak, dinginkan
- 1 sdt ovallet
- Pasta pandan secukupnya

Bahan lainnya :

- Kelapa parut, kukus terlebih dahulu dan beri sedikit garam
- Minyak goreng secukupnya untuk mengoles cetakan

Cara membuat :

1. Kocok telur dan gula bersama hingga mengental beri ovallet sambil terus kocok hinga putih.
2. Tuangkan tepung terigu sedkit demi sedikit diselingi dengan santan, bergantian hingga semua tercampur rata. Beri pewarna pasta pandan, aduk lagi hingga rata.
3. Olesi cetakan2 dengan minyak goreng bersih dan tuangkan terlebih dahulu kelapa parut yang telah dikukus. Tuang kira2 1 sendok teh. Kemudian tuangkan adonan hijau diatasnya, begitu seterusnya hinga adonan habis.
4. Masukkan cetakan2 putu ayu kedalam kukusan dan kukus selama kurleb 40 menit.
Berhubung aku nggak punya cetakan putu ayu yang asli, jadinya kucetak saja pake cetakan puding.
Hasilnya nggak Ayu sih, hehehe ... Maturnuwun Jeng Melani .... Photobucket
Selamat Mencoba ....

Kommentare

elra hat gesagt…
Hi Salam kenal ya.
your Putu Ayu looks realy good. I must try this recipe. Hopefully I can do it this weekend. Btw, ovalet itu apa ya bahasa inggrisnya?
judith hat gesagt…
Hallo Elra,lam kenal juga ...
Ovallet sama dengan Emulsifer.
Sama seperti pengembang cake yang lain. Thanks so much ...
elra hat gesagt…
Judith, Thank you...,
maaf ya mau tanya lagi. Ovalet itu opo yo?Kayaknya di Amerika tidak ada. Bisa diganti sama baking powder atau baking soda?
judith hat gesagt…
Ovalet pengembang sekaligus pelembut kue. Kalo untuk kue2 atau cake yang dikukus,saya gunakan ovalet saja. Kalo di amrik nggak ada ovalet,ya dicoba dengan baking soda saja ...

Good Luck ya Elra ..
Elra hat gesagt…
Judith,
Matur nuun yo...,
tak coba pakai baking soda. Tak kasih tahu gimana hasilnya nanti.

Beliebte Posts aus diesem Blog

Mini Terang Bulan Cake

Proll Pisang

Tahu Campur Situbondo