Asinan Matahati

Beberapa hari lalu lagi pingin banget makan asinan, pas kebetulan aku masih nyimpen stok kerupuk asinan Bogor. Nggak tahu pasti seperti apa asinan Bogor, aku buat saja sekenanya dengan bahan2 yang sudah tersedia di lemari es. Yang penting kerupuknya bener2 melengkapi asinan ku kali ini. Dan jelasnya aku nggak gitu suka kuah asinan, suka ampasnya thok, he hee! taulah .. ampas thok kan nggak nggugah selera, makanya aku beri sedikit kuah selain buat melemaskan kerupuk asinan yang ciri khasnya keras namun gurih, juga bahan2 asinan bisa meresap dengan bumbu godog tersebut.


Bahan Asinan :
- 1 buah Wortel, rajang halus
- Sayur Kol secukupnya, rajang halus
- Ketimun secukupnya, potong memanjang
- 1 buah Mangga mengkal, potong dadu
- Tauge secukupnya
Pelengkap : Kacang goreng dan kerupuk.
Bumbu :
- 6 buah cabe merah
- 7 cabe rawit
- 2 siung garlic, geprek
- 5 btr ebi
- 1 sdt garam
- 3 sdm cuka
- Gula merah secukupnya
- 1/2 ltr air, bisa tambahkan dikit
Cara membuat :
1. Haluskan terlebih dahulu cabe merah dan rawit serta ebi. Kemudian rebus bersama bumbu lainnya (kecuali cuka) dalam 1/2 liter air, hingga mendidih. Matikan api. Sisihkan hingga beberapa menit, terakhir beri cuka. Aduk rata.
2. Tuangkan semua bahan2. Aduk hingga rata dan diamkan beberapa jam atau hingga bahan2 agak layu dan meresap dengan bumbu.
3. Sajikan bersama kerupuk dan taburi kacang goreng diatasnya.



Masih banyak lagi aneka ragam asinan yang disajikan dan dibuat dengan bahan2 dan bumbu yang berbeda beda, yang kesemuanya mengindetikkan asal kota atau daerah masing2. Dan tentu saja bahan2 untuk asinan bisa dikreasi atau dipadukan sesuai selera, nggak harus sama persis.

Kommentare

Fenty Fahmi hat gesagt…
Aku kok gak begitu suka asinan ya :p
Lidia Sianturi hat gesagt…
bucil..tau aja kalo aku lg pengin bikin asinan..aku yo duwe stok krupuk asinan soale...
kapan2 gawe ah...
Veny hat gesagt…
Bucil , kan kuahnya seger enak napa ga suka ?
penampakan nya enak koq !
si Dyah hat gesagt…
Ces...ces...
Mbak...yg bener dooong, jangan tiap kali bikin ngiler begini! hehe...siapa suruh mampir ke blog penuh foto menggiurkan ini ya? hahaha

Saya jadi ingat nenek almarhum yg biasa bikin asinan spt ini waktu Hari Raya.

Kmarin2 saya lagi sering bikin rujak buah...sekarang mau bikin asinan aaaah! :)
Erik hat gesagt…
Saya pernah makan asinan bogor
Mbak Maya hat gesagt…
It's a very yummy blog. Salam kenal.
Rurie hat gesagt…
Ini enak bucil...seger....slurp

Beliebte Posts aus diesem Blog

Proll Pisang

Mini Terang Bulan Cake

Tahu Campur Situbondo