Sambel Goreng Krecek

Pernah posting Rawon Senja yang menggunakan campuran bumbu instant, hasilnya enak dan lezat! Namun memang harus ditimpali lagi bumbu bikinan sendiri supaya rasanya bener2 mantap. Kata jeng Dyah di Singapore, bumbu Sambal Gorengnya juga enak. Selang beberapa bulan, aku pesan di Pasar indonesia Versand - Swiss si bumbu sambel goreng tersebut. Memang yang tertulis pada kemasan yaitu sambel goreng ati, namun apa salahnya kalo bumbu instant tersebut aku modifikasikan dengan Krecek alias Kerupuk Kulit Sapi, yang tentu saja aku ngorder juga dari PIV-Swiss, udah lengganan he hee!
Nggak cuma krecek, juga aku pake kacang merah dan bola2 daging sapi cincang sebagai campurannya. Plus ditambah lagi bumbu racikkan lainnya, selain bumbu instant. Hasilnya bener2 memuaskan selera makan, tanpa makan Hati! Maksudnya hati ayam, hati sapi ... seperti yang tertulis pada kemasan bumbu sambel goreng instant. Terimakasih jeng Dyah atas sarannya, aku dah coba nih bumbu sambel goreng instant.


Bahan yang aku pake :

- 100 gr kerupuk kulit sapi ( digoreng terlebih dahulu), 100 gr kacang merah (rebus sampe matang), Daging sapi cincang (yang ini boleh ditiadakan), 250 ml santan kental, 200 ml santan cair, 2 sdm minyak goreng untuk menumis

Bumbu :

- 1 bks bumbu sambel goreng instant

- 5 siung bawang merah

- 3 siung bawang putih

- 17 buah cabe merah

- 1/2 sdt garam

- 1 sdt kaldu sapi instant

- Gula merah secukupnya

- Daun salam dan lengkuas secukupnya

Aku tidak menambahakn lagi Ebi /udang kering dalam bumbu, karna sudah cukup rasa ebi dari bumbu sambel goreng instant.

Cara memasak :

1. Haluskan bawang merah, bawang putih dan 10 buah cabe merah. Tumis dalam minyak panas, kecilkan api. Masukkan bumbu sambel goreng instant, daun salam dan lengkuas, aduk hingga rata. Tuangkan santan cair. Biarkan beberapa menit.

2. Masukkan daging sapi cincang dan kacang merah yang telah direbus. Aduk2 lagi hingga rata. Tuangkan santan kental dan bumbu lainnya, menyusul kemudian kerupuk kulit yang telah digoreng. Aduk secara bertahap hingga semua bahan dan bumbu tercampur rata dan matang.

3. Terakhir tuangkan sisa cabe merah yang masih utuh, biarkan cabe layu dengan sendirinya dalam sambel goreng. Sajikan bersama nasi putih atau bubur.

Untuk daging sapi cincang, aku bentuk bulat2 terlebih dahulu. Meskipun bulatannya lumayan kecil2 tapi tetap dibumbui sebelumnya dengan garam dan kaldu sapi instant secukupnya. Tapi juga bisa daging cincang begitu saja dimasukkan langsung dalam campuran sambel goreng.
Gambar contoh kerupuk kulit diatas, ki-ka adalah yang mentah atau sebelum digoreng dan sesudah digoreng. Yang tersedia di PIV adalah krecek atau kerupuk kulit yang mentah, jadi aku goreng terlebih dahulu kerupuk kulit/krecek sebelum digunakan sebagai campuran sambel goreng. Mungkin ada beberapa cara memasak sambel goreng krecek atau kerupuk kulit, tapi aku lakukan cara termudah dan menghemat waktu ...

Kommentare

Strawberry Fields hat gesagt…
Wah, nemu juga krupuk sapi kulit disana Dith?
Jadi mau coba tuh dicampur bola daging..
Ibu yg satu ini emang kreatif deh...
Thx resepnya
veny hat gesagt…
Mak Judith ..
Guten morgen .. he22
sambel gr krecek nya hmmm menggugah selero banget !
biasa mami-ku kalo masak krecek gini pake tambahan kacang merah , daging , n pete sbg penyedep .
jadi ngiler deh !
apalagi kalo masak gudeg sekalian ..sedep nya
Tuty hat gesagt…
Wah untung banget, krecek bisa nyampe ke Eropa. Di US sih nggak ada krecek sapi. Sambel goreng ini buat temen nasi gudeg pasti enak banget. Thanks for sharing the tweaked recipe.
tukang Nggunem hat gesagt…
jiaahhh...iki salah satu senenganku mbak, sing krecek ditambah ro bola2 daging...mak nyus pokoke...
sefa firdaus hat gesagt…
Mbak... aku mau dong kerupuk kulit. Udah lama banget gak makan krecek :(
Si Jagoan Makan hat gesagt…
wiih ada krecek ? seneng aku makan ini..kalau lauk ini nasi sebakul yo tak entekno dewe mbak..hehehehe
si Dyah hat gesagt…
Waaaa....mantap sekali itu sambel goreng krecek.

Mertuaku selalu bikin sambel goreng ini setiap Lebaran...pedes...sampai mules...tapi makan terus sampai ludes ! hihi

Sama2 mbak Judith, udah pasti di tangan mbak Judith mah bumbu instant jadi seperti gourmet :)

Ngomong2 hebat ya, di Swiss aja bisa pesen krecek, di sini aku kok blom tau musti beli di mana ya? :(
Judith hat gesagt…
# StrawberyFields : iya mbak, ada yang jualan kok import dari Tanah Air kita he he :)

# Veny : lha ini kan juga pake kacang merah Ven.. he he, aku lagi ogah masak gudeng kadang lamaaaa..

# Tuty : Thanks Tuty dah mampir :)

# Tukang Nggunem : Lho kok podo karo aku Git, he he! Suka banget maem sambel goreng krecek kiy, tapi rada sulit pesen krupuk kulit sapi ne, kadang ada kadang ora :)

# Sefa : dikirimi gimana Sef .. he he, tombo kangen :)

# Jagoan Makan : podo Ndol, aku juga iso sebakul nasi nek maem karo sambel goreng iki :)

# Dyah : Thasnks Jeng Dyah, sambel goreng kayak gini memang harus puedess yak he he :) kan mataaap ..

Beliebte Posts aus diesem Blog

Mini Terang Bulan Cake

Proll Pisang

Tahu Campur Situbondo