MasBar # Tom Yum Goong

MasBar atau Masak Bareng akhir bulan ini "Tom Yum Goong" hidangan semacam Soup khas Thailand, yang terdiri dari bahan utama Udang. Dibarengi dengan rasa yang asem2 puedeess tentu saja udang masak kuah ini akan lebih mengundang selera makan. Ciri khas Tom Yum Goong ini memang soup udang masak bening tanpa santan. Mengenai pedas dan asamnya sesuai selera masing masing, bisa di tambah maupun dikurangi. Tapi menurutku, kalo udang atau seafood dimasak kuah bening seperti ini memang enaknya terasa asam pedas, selain lebih unik juga agak mengurangi bau amis.

Nah, terus terang aku memang rada nggak gitu suka dengan udang ataupun seafood masak soup. Lantaran itu, Tom Yum Goong yang adalah ciri khas Thai Kuliner, agak sedikit aku rubah bumbu serta bahannya. Namun tetap nggak beda jauh, nyeleweng dikit yak ... *ups!*


Bahan :
- 3 potong sayap ayam, rebus dan ambil kaldunya (kurleb 1/2 ltr)
- 10 ekor udang kupas, ukuran sedang.
- Minyak goreng secukupnya untuk menumis.
Bumbu Halus :
- 7 buah cabe merah besar
- 5 buah cabe merah rawit
- 1 siung garlic
- 1 btr kemiri sangrai
Bumbu lainnya :
- 1 siung bawang besar/bombay, iris halus
- 2 sdm kecap asin (made in Thai)
- 2 sdm kecap ikan (made in Thai)
- 1 sdt palmsugar
- 2 sdt kaldu Vegi instant
- 3 sdm air perasan jeruk/lemon
- 7 lbr daun jeruk nipis
- 2 batang sereh, geprek
Cara membuat :

1. Tumis semua bumbu halus dan bawang besar hingga harum. Masukkan udang kupas, aduk hingga kemerahan. Tuangkan 1/2 liter air kaldu ayam.
2. Tuangkan bumbu lainnya, aduk rata. Biarkan beberapa menit, hingga udang matang dan meresap serta semua bumbu tercampur rata. Angkat dan sajikan dengan irisan tomat atau tambahkan jeruk peras bila lebih menyukai rasa asam.


Seperti yang sudah tertulis diatas, aku kurangi bahan dari hidangan ini yaitu mushrooms nggak aku sertakan, karna memang aku nggak doyan mushrooms, tanpa itu pun enak dan segar. Jadi TomYum Goong ini aku sajikan seperti adanya dengan Nasi hangat dan kerupuk ...*wong sing ngemplok aku dewe*

Kommentare

Rurie hat gesagt…
Bucil aku datang........cicip tom yum....nyam slurp......aku juga udah buat lo :)
Fenty Fahmi hat gesagt…
Aduh, jadi pengen buat, mbak kalo ditambahin jamur emang dimasukin pas apa ya ??
Retno Prihadana hat gesagt…
Kali ini aku keliling icip2 aja,suegeeer adem2 ngene, nggak melok nggawe :)). Foto cilik2 kuwi enggak di sotoshop koq jeng. Upload biasa di blogger, settingnya small and posisinya none aja biar bisa di geser2/disambung, coba deh.
Shinta hat gesagt…
Slurp! Muantap banget euy rasanya!
A.G hat gesagt…
aku datang nyicit tomyame bucil...

sowy telat.. masih sisa toh hehe
si Dyah hat gesagt…
Ini makanan menurut saya susaaaahhh bikinnya, maksudnya dapet rasa pas nya.

Mending ke restoran thai aja deeeh...kalo saya mah, daripada bikin trus kuciwa nyicipi hasilnya! hahaha

Wah...sudah lama nih gak makan sup ini!
Veny hat gesagt…
Cucil
tom yam nya ... hmmm look delicious ! cobain yah .. slurppppp
Elsye hat gesagt…
manteeeppppp bangetss ...:D
Erik hat gesagt…
Waduh, jadi pingin ngicipin nih
Judith hat gesagt…
# Rurie : Nyami ya Tom Yum .. he he, ijolan yuk rie :D

# Fenty Fahmi : Cocoknya sih cuma udang ama jamur aja, soale original Thai nya gitu. Tapi tom yum ku ini nggak pake jamur Fen.. TQ.

# Retno Prihadana : Danke jeng Hajjah.. aku dah coba tapi keluarnya tetep sendiri2, nggak satu rahmen gitu :(

eniweh .. danke petunjuknya :)

# Shinta : Sluurrp juga .9

# A.G : he hee... ijolan ama tom yum mu :P

# Dyah : emang enaknya sih tinggal beli, tapi kalo mo ngirit ya masak dewe toh jeng he he :D

# Veny : silahkkan dicoba Ven :)

# Elsye : iya .. mantepf pf pf ..

# Erik : silahkan rik, kalo mo dicicipi, jangan kepedesan ya :D
rainwater202 hat gesagt…
Aduuuh...kok terasa di mulut sih...aku suka banget tom yam...boleh curi resepnya kan?...pengen bikin niih...^^


*mampir*
Judith hat gesagt…
Makasih dah mampir :-D Silahkan kalo mo dicicipi resepnya :-D

Beliebte Posts aus diesem Blog

Proll Pisang

Tahu Campur Situbondo

Home-made Rempeyek Kacang