Panada Ikan


Camilan khas Sulawesi ini dah nggak asing buatku. Termasuk dalam camilan favoritku, nggak jarang aku membuatnya sebagai teman minum teh atau my breakfast. Adonan kulit hampir sama dengan adonan roti atau donat tapi isinya hanya ikan tuna yang gurih dan puedes! Sebagai adononan isi yang berupa ikan tuna, aku gunakan resep dan cara yang sama pada Pastel ikan Tuna yang pernah aku buat. Hanya saja, pastel ikan tuna aku sajikan sebagai menu hidangan pembuka, bukan sebagai camilan. Nah, Panada ini sangat cocok sebagai camilan dan hidangan selingan saat minum teh ...

Bahan kulit :

- 500 gr tepung terigu
- 300 ml susu cair
- 100 gr mentega
- 1 btr kuning telur
- 7 gr fermipan (ragi roti)
- 1 sdt vanilli
- 1/2 sdt garam halus
- 1 sdm gula halus

Bahan isi :

- 250 gr ikan tuna kaleng
- 2 siung bawang putih
- 5 siung bawang merah
- 5 buah cabe
- 1 sdt garam halus
- 1 cm gula kelapa
- 1/2 sdt ketumbar bubuk
- 2 lbr daun jeruk
- 1 cm lengkuas
- 5 cm batang sereh
- 100 ml santan kental
- 2 sdm minyak goreng untuk menumis
Bahan tambahan lain :
- Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng.

Cara membuat kulit Panada :

1. Campur semua bahan bersama dalam kom, aduk atau uleni hingga rata. Tutup dengan kain bersih yang lembab dan hangat hingga kurleb 1 jam atau sampai adonan mengembang. Taburi tepung sedikit, apabila adonan masih agak lengket. Uleni sekali lagi hingga rata.
2. Bentuk satu persatu adonan dan pipihkan, kemudian beri adonan isi secukupnya. Tutup adonan panada dengan cara sama seperti menutup kulit pastel, dilipat2, dijalin ataupun ditekan2 dengan garpu, yang penting adonan kulit benar2 tertutup. Goreng hingga kecoklatan dan matang.

Cara membuat isi :
1. Tumis terlebih dahulu bawang merah dan bawang putih hingga harum, tuangkan cabe.
2. Kecuali santan kental, tuangkan bumbu lainnya, kemudian ikan tuna. Aduk adonan hingga merata, kecilkan api.
3. Tuangkan santan kental sambil teruskan aduk. Angkat wajan setelah adonan ikan tuna agak mengering. Isikan pada adonan kulit.

Kommentare

Fanny Wijaya hat gesagt…
Nyammm nyammmm....enak mba hehee. Aku mau nyontek resep pastel tuna nya ah..
veny hat gesagt…
Hmm tampak enak yah tuh Panada nya , tp sayng banget aku ga doyan ikan .. he22
A.G hat gesagt…
bucil marai kepengen kiy...
Retno Prihadana hat gesagt…
Ini uenaaak tenan, suka banget. Sering dibikinin ama temen :).
reallylife hat gesagt…
wah kelihatannya enak
di medan belum ada ni mbak
makasih ya resepnya
mau langsung di coba
Elsye hat gesagt…
mbakkkk tak contek resepe...endang keliatannya :D
Strawberry Fields hat gesagt…
Nah ini dia salah satu cemilan kesukaan my hubby... secara dia org Manado.... Hihihi... tapi aku gak pernah buat Dith... abis males buat roti panadanya itu lho... jadi beli aja di restoran Manado
Dyah hat gesagt…
Mbak,

Ini adonan kulitnya gak pake yeast/gist ya?
Bisa mengembang ? Soalnya kalo donat kyknya kan pake yeast ya.

Aku mau coba niiiy!! hehe
Rosy hat gesagt…
hmmmmmmmm...sedep banget mbak. Aku wes suwe ga bikin panada. Nggarai kepingin ae Bucil iki...sampek liat potone ae aku wes ngeces disik hehehe
Lidia Sianturi hat gesagt…
mertuaku sering bikin ini bucil...kalo bikin pedes bgt, wenak jadinya...
Mochachocolata Rita hat gesagt…
wah paling doyan iki yg asin2 gini hihihi gurihnyaaa
Dyah hat gesagt…
mbak,

mau laporan...panadanya udah masuk perut semuaaaa! hahaha...

Makasih resepnya ya. Eh, tapi boleh tanya, knapa kulit panada saya gak semekar spt panada di foto ya? hehe

Itu adonan diuleni sampe kalis ato cuma dicampur rata aja mbak? Ada pengaruh gak? hehe...wah, nanya kok mborong ya!

Makasih sebelumnya. Mau bikin lagi niiih soalnya
Judith hat gesagt…
Fanny : Silahkan Fann.. :)

# Veny : Bisa diganti daging ayam kok ven :)

# Ayin : iya yin, aku juga pingin maem iki terus nggo sarapan :D

# Retno : Aku juga doyan banget iki jeng, apalagi kalo puedes :)

# Reallylife : Silahkan coba resepnya, makasih dah berkunjung :)

# Elsye : Silahkan Sye..

# Strawbery Fields : Termasuk camilan favoritku nih mbak :D.. sayang banget ditempatku nggak ada restoran Manado.TQ..

# Dyah : Dah aku ralat say, he he .. salah ketik :) Thanks.

# Rossy : Silahkan dicicipi panadanya he he, tak kirimi piye Ross :D

# Lidya : pancen Lid, puedes lebih uenak :D

# Rita : Doyan panada juga rit :)

# Dyah . Maturnuwun Dyah ... kalo nguleninnya rata, pelan2 adonan akan kalis dan roti akan mengembang bagus :) Thanks lagi dyah ..

Beliebte Posts aus diesem Blog

Mini Terang Bulan Cake

Proll Pisang

Tahu Campur Situbondo