21.08.2008

Puding Sagu Mutiara

Buat temenku yang pagi ini lagi bikin acara CreaDirect dirumahnya. Nama sebenarnya buat jajanan pasar ini yaitu Cantik Manis, tapi aku nggak punya sagu mutiara yang imut2, jadi simple saja kuberi judul puding sagu mutiara. Aku pake butiran sagu mutiara yang agak besar.
Meskipun penampilannya jadi lebih bertotol2 kayak dalmantian, namun tetap nggak mengurangi rasa seperti lumrahnya puding cantik manis. Saat menunggu puding ini dingin dan rencana mau dijepret, anakku dah sempat potong memotong dikiiitt... plus nyam nyam dicobain ...*waaaaaakkk! Alhasil penampilan puding jadi rada rontok gitu .. Padahal sejam lagi dah mo dibawa kerumah temen. Untung bukan puding orederan ...
Bahan :
- 3 sdm sagu mutiara warna merah, rebus hingga matang dan tiriskan
- 3 sdm sagu mutiara warna hijau, rebus hingga matang dan tiriskan
- 1 bks tepung Hunkwee
- 3 gelas santan kental
- 2 gelas santan cair
- 200 gr gula pasir
- 1/2 sdt vanilli
- 1/2 sdt garam halus
Cara membuat :
1. Bilas dengan air dingin kedua macam sagu mutiara yang telah matang, tiriskan.
2. Campur terlebih dahulu semua bahan kecuali sagu mutiara. Aduk rata dan masak diatas kompor dengan api sedang sambil terus diaduk pada bagian dasar hingga rata.
3. Tuangkan sagu mutiara yang telah matang setelah adonan hunkweee mulai panas dan meletup, aduk rata dan segera tuangkan dalam cetakan. Ratakan dan biarkan dingin. Potong2 dan sajikan.

Aslinya puding ini adalah dibungkus daun pisang atau dalam plastik2 kecil seperti yang ada pada umumnya jajanan pasar. Dan namanya cantik manis. Kendati nggak cantik, puding mutiaraku ini dah cukup manis rasanya. Sederhana kan ...

Kommentare:

A.G hat gesagt…

wah ayu bucil pudinge... itu pk cetakan plastik opo loyang bucil.. bentuke iso manis gitu :D
emang kyk cente manis.. cuma mungkin bedone iki dicetak nek cente manis dibungkusi :p alah ribet mbunkusin marakae nambahi larahan wæ :D
tepung hungkweku wes kedaluawardo bucil ndak berani tak masak :( suk mudik pe nggowo maning :D

Lidia Sianturi hat gesagt…

Di sini ndak ada hunkwee bucil..
Dulu pernah beli pas d Montreal tp dah abis...
mau dong yg udah jadi aja...

Eucalyptus hat gesagt…

Waduuuuh, bener2 menggugah selera neh... warnanya itu lho... segerrr, nyammmy...

Fanny Wijaya hat gesagt…

Looks so...woww....mba. Aku punya tepung hunkwe oleh oleh dari mami dah berbulan bulan yang lalu, tapi ga tau mau di apain. buat ini aja ahhh

Retno Prihadana hat gesagt…

Fotonya makin kerennn. Blon mood masak-masak lagi setelah cuti masak sebulan he..he, baru nyampe Hamburg lagi kemaren.

Judith hat gesagt…

# Ayin : Aku pake cetakan plastik Yin, karna nggak mau sibuk mbungkusi hihi. Kebetulan aku bar pesen neng pasar Indonesia diswiss kuwi tepung hunkwee.

# Lidya : hehe kalo cedak omah dah tak anterin puding-e..

# Eucalyptus : Silahkan dicicipi mbak, hehe

# Fanny W. : Tepung hunkwee bisa dimasak aneka dessert Fan..

# Retno : Danke jeng Hajjah, willkommen ya.. istirahat dulu nyimpen tenaga biar kembali mood masak, hehe.TQ.

amalia hat gesagt…

mbak judith puding mutiaranya cantik bener...sip..bucil kreatif hehehhe..boleh nyicip duong..

elsye hat gesagt…

aku doyannn bangetttt ini mbakkk...:D

Judith hat gesagt…

# Amalia : Maturnuwun Jeng, lha sampeyan lebih kreatif toh ...hehe. Silahkan jeng dicicipi pudingnya ..

# Elsye : Aku juga doyyaaannn Sye ..hihi.

Anisa hat gesagt…

ayune mbak pudinge... sing nggawe yo ayu. Sayang nneg kene ra ono tepung hunkwee...hiks hiks lagi2 ngiler ngeleg idu.
Mbak....mau donk

Judith hat gesagt…

haaayyaahh .. tenane lho, hehe. Maturnuwun. Silahkan dicicipi Nis, pudingnya ..

yossy hamdan hat gesagt…

mbak'e, googling sagu mutiara terdampar disini, nyontek resep ya.. Jgn ketawa gitu donk, walo aku gk bisa masak, tapi yang penting niyat kan.. ini juga lagi usaha .. hehehe

Judith hat gesagt…

Lho Yoss, yang ketawa siapa siihh? binun aku :D