Bubur Sumsum

Buat teman temanku semua, yang khususnya pada hari ini menyambut awal bulan Ramadhan. Tiada kata lain yang bisa saya ucapkan selain Selamat Menjalankan Ibadah Puasa. Mohon Maaf Lahir & Batin, dan juga Terimakasih atas kunjungannya di dapur ini ..

Termasuk dalam kategori dessert, tentunya bubur sumsum ini sudah tidak asing lagi. Bubur sumsum ini akan lebih lezat dan legit apabila disajikan setelah dingin. Selain itu juga terasa lebih segar. Cara membuatnya praktis namun butuh kesabaran pada saat mengaduk, supaya adonan bubur sumsum tidak menggumpal.

Bahan Bubur :
- 200 gr tepung beras, yang telah diayak
- 1 sdt garam
- 7oo ml santan cair
- 5 cm daun pandan
Cara membuat :
1. Campur semua bahan bersama, aduk hingga rata dan saring sedikit demi sedikit.
2. Masak dengan api sedang sambil terus aduk perlahan dan merata. Angkat, setelah adonan bubur sumsum meletup dan matang.
3. Hidangkan setelah bubur sumsum dingin bersama juruh atau cairan gula merah.

Cairan Gula Merah :
- 200 gr gula merah, 3 lembar utuh daun pandan, 1 lembar daun jeruk dan 5 sdm air hangat. Campur semua bahan tersebut dan panaskan diatas kompor dengan api kecil. Aduk secara bertahap hingga gula merah cukup mencair dan berbau harum. Angkat dan saring, kemudian dinginkan.

Kommentare

Lidia Sianturi hat gesagt…
aku suka ini bucil..tp malah seneng sing panas...kebul2..
amalia hat gesagt…
aduh bubur sumsum..menu yang sering di buat kalo pas ramadhan..emm..enyak-enyak..selamat puasa juga ya bucil..
Andri Kusuma Harmaya hat gesagt…
Tonggoku nang kene (wong dayak),pinter tenan yen gawe bubur sungsum..Rasane gurih..Suk kapan2 aku arep ajar carane gawe karo dheweke..Tapi yen pas puasa,kolak pisang tetep nomer satu. ;D
Fanny Wijaya hat gesagt…
aku suka bikin bubur sumsum jg mba...aku masukin ke food processor kl udah mateng biar ga bergumpal2 hehee males ngaduknya
elsye hat gesagt…
mbakkk, aku contek bubur nyaa yaa, buat buka puasa cocok nih :D thanksss :D
Eucalyptus hat gesagt…
Wah, mauuuu.... ini kan kudapan kesukaanku..
Lyla hat gesagt…
wah cocok nih buat buka puasa...
A.G hat gesagt…
bubur bayi bucil :) weh dadi kangen
Febrie Pereiza hat gesagt…
waduhhh bubur sumsum .. favoritku .. tuh cantik ama bentuknya .. pasti rasanya juga ueenakk tenaaann ..
Judith hat gesagt…
# Lidya : he he,kebalikan dari anak2ku..

# Amalia : Makasih mbak Lia, tapi aku nggak puasa

# Andri : Pokok e bubur sumsum hiks ..

# Fanny : waahh lebih praktis dunk ya ..

# Elsye : Silahkan Sye, met Menunaikan Ibadah Puasa ya ..

# Eucalyptus : Silahkan dicicipi mbak, he he..

# Lyla : Pancen cocok La, sesuai selera..hiii..

# Ayin : Bubur Bayi? lha aku juga doyan iik ..
Judith hat gesagt…
# Febrie : Lhaaaa?? piye toh .. berarti kita nulisnya barengan yak, tadi belum liat komenmu Feb .. Thanks Feb, pancen nyammmii kok he he ...
Retno Prihadana hat gesagt…
Lahhh...judith, belon buka puasa dah liat ini duluan...glek...glek aja deh:)
meiy hat gesagt…
cocok bgt nih dg perutku yg lagi bermasalah.
kalo ke sini suka ngiler ih, ups! puasa :d abis masakannya menggoda iman seeh
Anonym hat gesagt…
Aduuuh mbaaakk, dirimu emang ciamik, baru kali ini aku ngeliat orang bikin bubur sumsum dicetak :D ! Kapan balik Indo Mbak, pengen dimasakin niy tuker ama Cumi kremes hahaha
Judith hat gesagt…
# Retno : Waahh, nggak sengaja lho bu Hajjah he he..TQ.

# Meiy : Menggoda selera maksudmu? ..Silahkan dicicipi Meiy, hihii.. Thanks. Mudah2an cepet baikkan ya dengan peyutmu.

# Judeangel : Ayo Jude sini .. tukeran ama cumi kremes, he he.. TQ

Beliebte Posts aus diesem Blog

Proll Pisang

Mini Terang Bulan Cake

Tahu Campur Situbondo