Mendoan Paprika Grate

Hingga hari ini cuaca masih hujan, mendung dan dingin. Benar2 Sommer yang menyebalkan. Yang kebayang di depan mata kalo pas cuaca begini adalah gorengan! Nyammi banget kalo cuaca dingin, ngemil yang hangat2. Sehabis demam, sedikit demi sedikit apettit-ku balik lagi jadi pingin maem banyak. Akhirnya ...

Barusan ku buat gorengan dari tempe setengah jadi, namanya dah nggak asing lagi Mendoan! Aku tambahkan sedikit bubuk paprika yang telah disangrai. Aku dah rada tenang, sudah selesai sebagian kegiatan masakku untuk siang ini dan tinggal menikmati. Tapi untuk mendoan akan lebih nikmat disajikan hangat atau panas, makanya aku baru goreng sebagian saja untuk sarapanku ... wadaaew! Nah inilah sarapanku hari ini he he ... 5 potong Mendoan!


Bahan :

- 400 gr tempe, iris tipis

- 300 gr tepung terigu

- 5 sdm tepung tapioka

- Air hangat secukupnya

- Daun bawang secukupnya, iris halus

- Minyak goreng secukupnya

Bumbu :

- 3 butir kemiri

- 1/2 sdt ketumbar bubuk

- 1 sdt kencur bubuk

- 1/2 sdt kunyit bubuk

- 1 siung kecil bawang putih

- 1 sdt garam halus

- 1/2 sdt bumbu penyedap ( kupake kaldu ayam instant)

- 1/2 sdt parika bubuk (yang telah disangrai)

Cara membuat :

1. Haluskan terlebih dahulu kemiri dan bawang putih. Tuangkan kedalam adonan terigu dan tapioka yang telah dicampur air, tuangkan juga bumbu lainnya. Aduk hingga rata dan adonan tepung agak kental.

2. Berikan irisan daun bawang dalam adonan, ratakan.

3. Masukkan tempe selembar demi selembar dalam adonan tepung, kemudian goreng dalam minyak panas hingga beberapa menit. Angkat dan tiriskan. Sajikan selagi hangat.

Tidak mengurangi rasa dengan menambahkan sedikit bubuk paprika pada mendoan. Hanya saja berbeda Aroma. Tetap mak nyuusss!

Selamat Mencoba ...

Kommentare

veny hat gesagt…
Tempe disana mahal ga ? duhh bikin ngiler ada rawit juga toh ?
kalo aku bikin tanpa kemiri .
Ayin hat gesagt…
wah marake pgn meneh kiy.. sini cuacane yo ngaco bucil,saiki atis cua 16 drjt :( wingi smpt udan jg awane..saiki ra udan tp ates :(
Judith hat gesagt…
## To Veny : Lumayan mahal Ven, makanya jarang beli. Cabe2an mah diswiss banyak, he he. Nggak pake kemiri juga nggak apa2 Ven, thanks ...

## To Ayin : Cuaca diswiss juga lagi bener2 nggak bagus Yin, bahkan ada sebagian daerah kebanjiran. Nggoreng mendoan maning Yin he he! Thanks ...
Dyah Peni Tunjung Sari hat gesagt…
duh mbak,

pokoknya tiap ke blog ini, segaaarrr deh...lebih segar lagi kalo ada beneran makanannya di depan mata! hahaha
Gratcia hat gesagt…
Awwww..... Yummy.... (^_^) Nyoba ahh..
Retno Prihadana hat gesagt…
Bagiiiii.....Klo bikin tempe mendoan, cepet banget abisnya...selesai nggoreng, langsung abis deh.
Lambertus L. Hurek hat gesagt…
ikut prihatin swiss tersingkir--karena mainnya jelek dan tidak konsisten. hehehe.... jagoannya hakan yakin orang turki ya? saya sampai kalah taruhan. hehehe...
mbak judith, makanan sampeyan enak-enak bikin perut lapar. kita dibuat berfantasi terus. salam.
Judith hat gesagt…
## To Dyah : Makasih Dyah, iya nih mumpung cuaca dah mulai terang pinginnya masak yang seger2 ...

## To Gratcia : Thanks Gratcia, silahkan dicicipi hidangannya hi hi

## To J Retno : Maturnuwun jeng, sama nih denganku soale anak2 suka banget ama tempe goreng.

## To mas Hurek : He he aku sih nggak ndukung swiss ...

Hakan Yakin dan Murat Yakin, mereka dua bersaudara sama2 pemain sepak bola. Memang asli orang Turkey tapi sejak kecil mereka diadopsi oleh makhluk swiss.

Matrunuwun mas Hurek, salam.

Beliebte Posts aus diesem Blog

Mini Terang Bulan Cake

Proll Pisang

Tahu Campur Situbondo