28.05.2010

Home-made Rempeyek Kacang

Gorengan renyah yang banyak di gemari, selain memang untuk camilan namun juga bisa dihidangkan sebagai lauk pauk, terutama pada pelengkap hidangan Pecal atau Pecel... Namun buatku lebih suka cuma di maem begitu saja kriyuk kriyuk sebagai gadon... setoples?..lenyap *halah*..
Caraku membuat rempeyek kacang, mungkin agak rumit tapi memang begitulah adanya demi menghasilkan rempeyek renyah dan awet garing. Kugunakan cara dengan 2x goreng adonan. Oleh sebab itu aku gunakan trik dan tip supaya nggak suntuk berhadapan dengan wajan dan minyak panas berjam jam. Pagi hari, gorengan pertama yaitu habiskan semua adonan dengan cara goreng sesendok demi sesendok.. namun setengah matang saja, angkat dan tiriskan. Istirahat, bobok, jalan2 atau fesbukan dulu terserah..*hehehe*.. Kemudian sore harinya lanjutkan penggorengan kedua.



O ya. caraku menggoreng rempeyek yaitu tuangkan langsung adonan sesendok demi sesendok dalam minyak panas dan bersih, seperti nampak pada kedua foto. Setelah beberapa proses penggorengan.. saring serpihan2 rempeyek, pisahkan dari dalam minyak... Ok selanjutnya bahan dan bumbu adalah sebagai berikut....
Bahan dan Bumbu :
- 300 gr kacang tanah, iris kasar
- 200 gr tepung beras
- 3 sdm tepung maizena
- 500 ml santan kental
- 350 ml air dingin
- 1 btr telur
- Daun jeruk purut secukupnya, iris halus
- Minyak untuk menggoreng
Bumbu halus :
- 2 siung bawaang putih
- 2 sdt ketumbar
- 5 btr kemiri sangrai
- Kencur secukupnya
- 2 sdt garam
- 1/2 sdt gula pasir
Cara Membuat :
1. Kecuali kacang tanah dan irisan daun jeruk. Campur bahan dan bumbu, kocok hingga rata.
2. Tuangkan kacang tanah dan irisan daun jeruk.
3. Goreng adonan rempeyek sesendok demi sesendok, hanya setengah matang atau kekuningan kemudian angkat dan tiriskan. Goreng hingga adonan habis.
4. Saring minyak pisahkan dari serpihan2.. tambahkan minyak bersih secukupnya bila perlu.
5. Kemudian lakukan tahap berikutnya yaitu goreng sekali lagi adonan rempeyek setengah matang tadi dalam minyak panas dengan api sedang, sebentar saja atau hingga garing.
Catatan :
~ Kwalitas Tepung Beras tidak semua sama, tergantung produknya ( Indo, Thai, India, England... dll. ) Meskipun telah mengikuti resep yang ada namun apabila adonan masih terlalu kental, bisa tambahkan lagi sedikit air. Begitu pula sebaliknya kalo adonan cair, tambahkan sedikit saja tepung beras.
~ Membuat rempeyek kacang untukku sudah kesekian kalinya, menurutku dengan 2x penggorengan adonan, akan menghasilkan rempeyek yang lebih renyah dan tahan lama, selama tersimpan dalam wadah tertutup rapat.
~ Bahan utama kacang tanah bisa diganti dengan bahan lain atau campurkan sesuai selera.. misalnya Teri Medan, Kacang ijo, Rebon, Bayam dll..
~ Tebal tipisnya rempeyek bisa disesuaikan pada saat menggoreng dan kental atau cairnya adonan.




Tengkyuuu... Selamat Mencoba :)

Kommentare:

piyek hat gesagt…

Mbak Judith, aku boleh nyontek resepnya gak? Soalnya aku seneng banget makan rempeyek, tapi gak tau cara bikinnya :-)

Judith hat gesagt…

# Piyek : Silahkan jeng... Good Luck ya ;)

Veny hat gesagt…

ths for rempeyek recipe Bucil , saya lg tergila2 ama rempeyek kebetulan . tiap ari beli di warteg
Ntar kl minggu2 ada wkt saya mo coba , makasih Bucil ...
btw napa hrs mengalami 2X penggorengan ?

Judith hat gesagt…

Venyyyy... akhir2 ini aku juga lagi trgokil2 ama rempeyek... bayangin aja di wiss mo beli dimana rempeyek.. hehee.. jadi deh bikin aja sendiri.. enak kok ven.. coba aja dulu resepku ini... dan good luck ya ;) ..

Aku goreng 2x karena pas 3 tahuan lalu pertama aku bikin rempeyek.. kok kurang mantap renyahnya.. trus iseng goreng 2x ternyata lebih mantap..! dengan CATATAN.. Penggorengan pertama kali sebentar saja :) ..

Silahkan mencoba Ven...