Matahati Exotice Beef

Beef Balado atau Balado Daging Empal, jelasnya. Hanya saja nggak sama persis dengan aslinya bumbu Balado. Dah lama bikin lauk pauk ini, dan baru sempet ku update. Sempet2in satu persatu update resep yang sudah lama tersimpan di draft demi menghindari virus pikun...*hayah* Daging sapi yang diiris2, dibumbui dan digoreng, mengingatkanku sewaktu masa kecil di Solo, saat itu aku kena sakit kuning lumayan parah dan terpaksa aku diharuskan menginap selama satu bulan lebih di RS.DKT, Jl.Slamet Riyadi-Solo. Trus nenekku setiap harinya bawakan daging empal ini untuk manarik nafsu makanku. Saking senengnya dipancing daging empal terus menerus, hingga aku nggak doyan lagi lauk pauk lainnya selain daging empal.
Ternyata bosen juga kalo hingga seumurku sekarang ini si daging empal terus menerus disajikan seperti apa adanya. Makanya aku modifikasi Beef goreng renyah ini dengan cabe merah de el el layaknya bumbu Balado. Rasanya? tentu saja sudah banyak sekali dari teman2 yang sudah mengenal bumbu Balado. Namun, sebagai obat kangenku pada cuaca Tropical, makanya ku gunakan bumbu balado ala Matahati, asin manis asam puedess! Untungnya, kurleb dua bulan yang lalu gigiku masih sempet mbrakot si daging empal nan sexy ini. Ok, sebagai pelengkap kategori daging di dapurku sini, betapa senengnya aku bisa berbagi resep dan mudah2an berguna bagi yang ingin mencoba.


Bahan :
- 350 hingga 400 gr. Daging Sapi
- 1 liter air
- 2 sdt garam, 1 sdt ketumbar bubuk, 2 btr cengkeh dan 1 sdt gula pasir
- Minyak goreng secukupnya, untuk menggoreng
Bumbu Halus :
- 10 btr Cabe merah
- 7 btr Cabe rawit
- 6 btr Bawang merah
- 1 siung Bawang putih
- 1 cm Jahe
- 2 buah Tomat
Bumbu lainnya :
- 1 sdm Kecap asin
- 1 sdm Palmsugar
- 1 sdt Kaldu sapi intstant
- 1 sdt perasan jeruk Lemon
Cara memasak :
1. Kecuali minyak goreng, rebus terlebih dahulu semua bahan diatas dengan api kecil selama kurleb 1 jam. Angkat daging, potong2 tipis (kurleb 2 cm) kemudian geprek satu persatu. Goreng daging dalam minyak panas dengan api sedang hingga matang, tiriskan.
2. Kecuali Tomat, tumis semua bumbu halus hingga berbau harum. Tuangkan bumbu lainnya, aduk2 hingga rata. Kemudian masukkan tomat yang telah dihaluskan, aduk lagi hingga rata. Kecilkan api.
3. Masukkan 3 sendok makan rebusan air daging kedalam bumbu balado, kemudian aduk rata dan diamkan beberapa menit. Masukkan daging empal goreng satu persatu sambil aduk2 hingga semua bumbu tercampur rata. Angakt dan sajikan sesuai selera.

Kommentare

Andri Journal hat gesagt…
Weleh...nginep nang rumah sakit nganti sebulan ki terus mbayare piro mbak? @.@
Lisa hat gesagt…
menggiurkan sekali mbak Judith. btw dagingnya bagian apa ? yg utk bikin rendang ya ?
FF hat gesagt…
Wahhhh ini makanan favoritku mba. Yummy!!
Retno Prihadana hat gesagt…
wah kalo maem ini ngabisin nasi deh.
Iya judith, klo pake FP lumayan nggak capek ngaduk baksonya..biarkan si FP yg bekerja, kita tinggal bikin pentol baksonya :))
Judith hat gesagt…
# Andri : Lha eyang putri dan eyang kakungku kan Polisi Ndri, jadi waktu itu kantornya eyang yang mbantu membiayai pengobatan dll nya :)

# Lisa : iya Lis, kalo bahasa jermannya Siedfleisch.. nah aku lupa bahasa perancisnya hi hii..

# FF : Tukeran Fan ama Cake mango mu he he :D

# Retno Prihadana : Maturnuwun jeng Hajjah untuk iformasinya yang berguna :)
si Dyah hat gesagt…
Aaahhh....lagi2 jadi terinspirasi ;)

wahai daging balado, engkau menggiurkan sekali!
Veny hat gesagt…
Bucil
itu daging agak tebel , kae empal , jadi ga bisa terlalu kering donk ?
kalo balado pdg kan tipis kering jadinya ?
met wiken yah Bucil !
Judith hat gesagt…
# Dyah : Monggo dicicipi Jeng :)

# Veny : Daging empalnya yang khas Jawa Ven, kan nggak tipis, trus bumbu baladonya kan juga nggak sama persis ama balado Padang :D Thanks..
Si Jagoan Makan hat gesagt…
wah segooo sak wakul yo isok enthek iki...wadoh mbak, sampek kemecer aku.
Judith hat gesagt…
Lha monggo dicicipi Ndol,sama2 yuuuk makan nasi sebakul he he :D

Beliebte Posts aus diesem Blog

Mini Terang Bulan Cake

Proll Pisang

Tahu Campur Situbondo