Brongkos Tahu

Brongkos termasuk pelengkap lauk pauk, ada beberapa macam brongkos dengan bahan2 yang berbeda namun bumbunya nyaris sama. Sama dengan Rawon, brongkos juga menggunakan kluwek sebagai bumbu utama setelah bawang merah dan bawang putih, namun bedanya brongkos menggunakan santan sebagai campuran dalam kuahnya. Kebetulan demi memanfaatkan sisa kluwek, aku gunakan saja kluwek tersebut sebagai bumbu brongkos. Brongkos kali ini, aku lengkapi pula dengan cabe merah utuh buat selera rasa pedes, biar tinggal kletus tus he he.. pedes!



Bahan :
- 450 gr Tahu goreng, potong dadu
- 150 gr Kacang merah, rebus tersendiri hingga matang
- Cabe merah secukupnya, biarkan utuh
- 250 ml santan kental
- 350 ml santan cair
- 3 sdm minyak goreng untuk menumis
Bumbu halus :
- 7 butir bawang merah
- 2 siung bawang putih
- 1 sdt ketumbar
- 5 btr kemiri
- 2 cm kunyit segar
- 3 hingga 4 butir kluwek
Bumbu lainnya :
- 1 batang sereh, potong menjadi 2 bagian
- 2 cm lengkuas
- 5 lembar daun jeruk
- 1 cm jahe
- 1 lbr daun salam
- 1 sdt garam
- 2 sdt kaldu sapi instant
- Gula merah secukupnya
Cara membuat :
1. Tumis semua bumbu halus dalam minyak panas, aduk rata dan masukkan santan cair.
2. Kecuali kaldu sapi instant, masukkan bumbu atau rempah2 lainnya. Aduk sebentar dan biarkan beberapa menit hingga santan cair mendidih.
3. Tuangkan tahu goreng yang telah dipotong dadu dan kacang merah, aduk rata dan diamkan sebentar.
4. Terakhir tuangkan santan kental, kaldu sapi instant dan cabe merah, aduk perlahan hingga rata dan matang. Angkat dan sajikan.

Soooooo .. jadilah hidangan pelengkap lauk pauk Brongkos Tahu sederhana .. Photobucket


Kommentare

Veny hat gesagt…
Bucil aku juga suka Brongkos .. udah lama ga makan brongkos .
kliatan sedep nih ! Met hari minggu juga yah , cuaca gmn disana udah cerah ?
Elsye hat gesagt…
tak contekkk mbakk...aku suka kehabisan ide kalo masakan tahu...thankss yo :D
Lidia Sianturi hat gesagt…
bucil...naksir wadahe n ngisore kuwi opo? pemanas/tungku gitu ya? apik ih....
Fanny Wijaya hat gesagt…
Rasanya kaya apa ya mba, aku kok blom pernah makan. Ada 3 biji keluwek enaknya bikin ini aja yah, buat rawon juga kurang.
Judith hat gesagt…
# Veny : Cuaca ditempatku dah mulai cerah Ven tapi kadang adem juga sih.. kita makan brongkos sama2 yuukk :D

# Elsye : Silahkan Sye kalo mo dicontek :)

# Lidya : iya Lid, itu mangkok saji satu set beserta pemanasnya :)

# Fanny : rasanya enak kok Fann, sulit neranginnya, yang jelas lain dari yang lain dweh.. mo dibilang kayak sambel goreng tapi ada rasa dan aroma kluweknya, mirip terik tempe tahu tapi ada aroma kluweknya.. *haiyahh binun* :D
rainwater202 hat gesagt…
waah...kaya yang enak, aQ tuh suka banget 'Tahu bahkan 'chou tofu' yang bau-nya minta ampun nemu di GuangZhou pun, aQ suka...apalagi yang pedes kaya Brongkos Tahu...
Dapur Bia hat gesagt…
Photonya keren banget...!
Mat Gebu hat gesagt…
Mangkuk (kalau di Indonesia dipanggail "wadah" yeaa?)....cantikk amat....resipinya pun nampak enak!
Shelvy hat gesagt…
waduh enak sekali...
dingin-dingin begini makan begini wes mantaffff
Retno Prihadana hat gesagt…
Naksir wadahnya..canteeek. Sempet nyoba ini dirumah temen, isinya bisa juga daging ya dith.
ediretnati hat gesagt…
nice food from Indonesia.... I'm proud of you because you never forget Indonesian food........
cikmanggis hat gesagt…
Wah cantik betul bekasnya(wadah?)berkenan dihati...
Judith hat gesagt…
# Rainwater202 : Waahh kalo gitu sama2 penggemar tahu dunk :D

# Dapur Bia : Makasih jeng :)

# Mat Gebu : Betul Mat, tempat itu namanya wadah atau mangkuk lah :D

# Shelvy : Ayo jeng nyantap Brongkos tahu bareng2 :D

# Retno : Bener jeng bisa diganti isinya dengan daging atau tetelan, opo maneh pake kacang tholo waaahh nyami :D

# Ediretnati : Thanks for visit :D

# Cikmanggis : iya Cikmanggis betul tempat itu namanya wadah atau mangkuk lah :D
Dyah hat gesagt…
Waaa...baru tau brongkos tnyata pake kluwek.
Hmm...kebayang-bayang nih rasanya mbak...sedaaaap :D
Dyah hat gesagt…
mbak...ini pake tetelan ato daging juga sedep yaaa :D
Judith hat gesagt…
Sedap jeng sedap kok pake tetelan ato daging, kan aslinya memang itu, cuma yang ini aku masak pake bahan utama tahu dan kacang merah :D
Pedagang Online hat gesagt…
Nyari2 bahan bikin brongkos, akhirnya sampai di sini.

Beliebte Posts aus diesem Blog

Mini Terang Bulan Cake

Proll Pisang

Tahu Campur Situbondo