Chicken In The Basket

Tepatnya Crispy Chicken ... dan cara penyajiannya beraneka ragam. Di dalam keranjang, dalam mangkuk ataupun di piring, yang jelas sesuai kreasi kita. Nggak pikir panjang, memang aku suka yang crispy, pada camilan gorengan maupun hidangan yang di grill dan lauk pauk lainnya. Yang penting mateng luar dalam, he he! Berawal dari rasa pingin maem KFC seperti ketika di Ina dulu, terinspirasi untuk masak sendiri ayam manja ini. Maklum di swiss tidak ada resto yang menyediakan menu ayam goreng crispy semacam ini, sejauh yang aku ketahui ..

Alangkah baiknya mencoba untuk bikin sendiri si kriyuk kriyuk tak terlupakan ini ...*wwaakk! Dengan demikian kita makin belajar mengenal campuran tepung yang menjadikan si petok ini renyah dan gurih selain mengkaji daging ayam yang berkwalitas. Step by step kita bisa memodifikasi campuran tepung tersebut dengan bahan baku lainnya, maksudku nggak cuma daging ayam, tapi juga bisa untuk campuran daging lainnya sesuai selera atau bisa juga pada bahan baku jenis seafood, udang, ikan de el el ..


Bahan :
- 10 potong paha ayam negeri atas bawah, bisa dipotong terpisah
- 2 sdm maizena
- 200 gr tepung terigu, ayak
- 1/2 liter minyak goreng, bisa ditambahkan lagi
Bumbu :
- 1 btr telur ayam
- 1/2 sdt lada bubuk
- 1 sdt garam halus
- 1 sdt kaldu ayam instant/Maggie
- 1 sdm maizena
Cara membuat :
1. Bersihkan paha ayam dan keringkan. Tuangkan lada, garam dan kaldu ayam instant uleni hingga rata, kemudian beri satu butir telur dan 1 sendok makan maizena. Teruskan uleni hingga seluruh bumbu tercampur rata. Sisihkan hingga kurleb 30 menit.
2. Sementara itu, campurkan bahan baku tepung terigu dan 2 sendok makan maizena. Gunakan campuran tepung ini sebagai pembalut ayam sebelum digoreng.
3. Panaskan minyak goreng, setelah minyak panas segera kecilkan api hingga sedang. Ambil ayam yang telah tercampur bumbu, satu persatu guling2kan diatas campuran tepung terigu. Kemudian goreng hingga kecoklatan dan matang. Angkat dan tiriskan. Sajikan selagi panas.
Note :

- Pada saat menggoreng, ayam harus terendam betul dalam minyak panas. Balik2 ayam dengan cara bertahap supaya rata kecoklatan.
- Campuran tepung terigu dengan maizena tidak perlu diberi bumbu lagi, karena bumbu yang sudah meresap pada ayam akan dengan sendirinya meresap juga pada campuran terigu pada saat digoreng nanti.
- Gunakan minyak cukup panas dan api sedang untuk menggoreng, supaya hasilnya matang hingga meresap ke bagian tulang.
- Ayam yang tersisa masih bisa dihidangkan keesokkan harinya namun dipanaskan lagi dengan cara panggang dalam oven beberapa menit.
- Minyak goreng dalam satu kali penggunaan, mungkin akan nampak agak keruh, jangan dibuang. Bisa di saring dan disimpan.

Kommentare

Fanny Wijaya hat gesagt…
Ingin makan yang kriukk kriukk mba...apa daya lagi radang tenggorokan nih. masa di sono gada KFC sich mba???(blm pernah ke swiss sich :((
veny hat gesagt…
wahhh aku malah pgn dapet kiriman ayam crispy nya , ha22
enaknya .. mau coba de ..
Judith hat gesagt…
# Fanny : Swiss negara kecil Fann, pertanian mah buanyaakk tapi heran.. tak satupun KFC ada disitu. Aku sendiri belum pernah ketemu ayam crispy kayak bikinanku gini. Kalo Mc Donald buanyak, tapi cuma jualan burger2an aja :( TQ Fann..

# Veny : Ayo tukeran ama paket hantaran-mu he he :D TQ Ven..
piyek hat gesagt…
Enak.. Enak.. Enak.. (sampe ngences :P~)
Beberapa kali pernah nyoba bikin, tapi gak bisa bener2 renyah.
Asik.. asik.. asik.. jadi pengen nyoba :)
Retno Prihadana hat gesagt…
Hayuuk mampir ke Hamburg...ada KFC. Tapi yang ini lebih mantabb.
Judith hat gesagt…
# Piyek : Thanks Piyek .. makasih dah ngeces disini :D

Silahkan kalo mo coba resepku, good luck ya

# Retno : Oh di Jermany ada KFC toh .. hiks enak banget, tinggal beli :)
BloGendeng hat gesagt…
mo koment apa ya? lha wong cuma ngiler liat gambarnya kayaknya uenaakk polll..
andai aku dekat Judith..ehm..nyamm..nyamm
Judith hat gesagt…
Aih aih Ndeng ... pasti ngakak terus dweh kalo kita tetanggaan :D

Beliebte Posts aus diesem Blog

Proll Pisang

Tahu Campur Situbondo

Home-made Rempeyek Kacang