20.08.2008

Soup Oyong

Lagi pingin maem yang seger, hangat dan cak cak cak selesai. Cuaca masih nggak stabil, hujan dan panas, dingin dan berangin, mendung dan terang byar pet byar pet ...*hayhah! Daripada sommer-nya horror gini, lebih baik cepet winter .. ketauan memang dingin pisan. To the point aja ya ..
Bahan :
- 1/2 ltr air
- 50 gr tauge
- 400 gr tahu, potong dadu
- 2 btg oyong, kupas kulitnya dan iris bulat
- 2 btg wortel, potong sesuai selera
- Daun bawang+seledri secukupnya
- 2 sdt minyak goreng buat menumis
Bumbu :
- 5 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- 1/2 sdt lada putih
- 1/2 sdt jahe bubuk
- 1/2 sdt saos ikan
- 1/2 sdt minyak wijen
- 1 sdt garam
- 2 sdt kaldu sapi instant (bisa diganti kaldu ayam)
Cara membuat :
1. Haluskan bawang merah dan bawang putih, tumis hingga harum. Kecilkan api.
2. Tuangkan jahe bubuk, lada putih dan saos ikan. Masukkan tahu yang telah dipotong2 dan aduk rata hingga tahu setengah matang
3. Beri air, minyak wijen dan garam. Masukkan wortel setelah air mulai mendidih.
4. Terakhir, masukkan irisan oyong, tauge, daun bawang + seledri. Taburi kaldu ayam dan matikan kompor. Selesai dan sajikan hangat hangat.

------00O00------

Kommentare:

sefa firdaus hat gesagt…

Mbak, oyong bhs Jermannya apa?
aku pengen sup bening.. cuma gak tau ada oyong apa gak disini

A.G hat gesagt…

bucil onyong ikku artine gambar yo boso jowone ?

dessy indriani hat gesagt…

di swiss ada oyong juga ya...???

anisa hat gesagt…

ada oyong ya mbak... disini gak ada eee... seger...

Judith hat gesagt…

# Sefa : Boso Jerman deutlich-nya sih nggak ada Sef, cuma pas aku beli oyong ini ditokonya tertulis "Asiatische Zuccini/Zucetti" Kadang suka dimasak bening pake bayem. Danke ..

# Ayin : Oyong ki Ceme, orang di Solo bilangnya gitu. Kelingan ndak Ceme? TQ..

# Dessy : Ada Dess, cuma jengkol yang nggak ada diswiss ..

# Anisa : Ada Nis, diswiss ada oyong, lha di Jepun kok malah nggak ada ya? ..TQ.

rosy hat gesagt…

lha ono oyong barang tha mbak disana...nyam nyam..jadi pengen :(

Judith hat gesagt…

Ada Ross, lha di Jepun nggak ada toh .. tau dari Anisa..