Simple Bretzel


Bikin Bretzel ini buat breakfast. Pada saat liburan gini aku seringkali nggak banyak waktu buat berlama lama belanja roti ini dan itu. Yang ada yaitu seperti biasa bikin homemade roti. Kupikir sebagian bretzel ini bisa kami bawa buat nemenin piknik, tapi udah abis duluan buat breakfast. Terus terang untuk jenis roti2an yang satu ini memang cocok buat seleraku. Karna rasanya mantap, renyah dan gurih. Kalo pas aku lagi jalan2 dan kebetulan laper, pertolongan pertama buat sementara isi perutku ya cuma bretzel ini.
Aku suka memadukannya dengan mentega asin atau dengan garlic rahmbutter. Kadang aku juga suka beli biar cuma 1 atau 2 potong bretzel semir buat bekalku diperjalanan. Nggak repot! tinggal mbrakot aja ...



Kali ini mumpung lagi ada mood buat bikin, sempet2in ngadonin sendiri demi beberapa potong bretzel kesukaanku. Cara buatnya sama dengan roti2 biasa cuman sedikit berbeda dengan bahan tambahan yang membuat roti ini jadi asli khas Bretzel.



Bahan I

- 500 gr tepung terigu
- 20 gr mentega cair
- 200 ml air hangat
- 7 gr fermipan/gist
- 2 sdt gula
- 1 sdt garam
- 150 gr susu cair hangat
Bahan II
- 3 lt air
- 300 gr Natriumcarbonat
Cara membuat :
1. Campurkan semua bahan I bersama, uleni/mixer hinga rata. Diamkan beberapa menit hingga mengembang.
2. Bagi adonan menjadi 15 potong dan masing2 giling hingga panjang kurleb 30 cm dengan bagian tengah agak besar. Bentuk masing2 adonan seperti gambar diatas.
3. Rendam semua adonan yang telah dibentuk dalam bahan II yang sebelumnya telah dimasak. Segera angkat setelah adonan mulai mengambang. Tiriskan, kemudian atur satu persatu diatas loyang dan dialas kertas roti.
4. Taburi garam kasar atau wijen. Panggang dalan oven selama kurleb 30 menit atau hingga kecoklatan, dengan temperatur 200°
Tipp :
- Gunakan sendok sayur besar atau saringan untuk mengangkat adonan bretzel dari dalam air natriumcarbonat.
- Apabila menginginkan Bretzel agak lunak, diamkan kurleb 10 menit adonan dalam loyang sebelum dipangang.
Untuk 15 potong.

Kommentare

Bundazasha hat gesagt…
hm... tu pretzel kyknya uenak. nyontek ah...boleh ya bucil?
theresia hat gesagt…
I love pretzel... :)
amalia hat gesagt…
mbak judith...minta rotinya doooooong...kayak apa sih rasanya???
Lidia Sianturi hat gesagt…
wah..rajinnya bucil...pretzel bikin sendiri..look yummy lagi...I luv pretzel...palagi kalo pake cinnamon..

btw, itu tangannya siapa? kok kurus? Si Diaz ya? hehehe..nebak...
si Dyah hat gesagt…
Andaikata saya tinggal deket mba Judith, saya mau deh praktek masak tiap hari! hehe

Biar pinter masak kayak mba!
Strawberry Fields hat gesagt…
Wah, bener2 jago masak neh... aku paling nyerah deh klo disuruh buat roti
elsye hat gesagt…
rajinn banget mbakk itu pretzelnya bener2 menggoda iman :D
Fanny Wijaya hat gesagt…
cantik mba...pretzelnya
A.G hat gesagt…
iki dadi luih kriuk ya bucil... tau maem iki mbuh kapan lali aku :D
Judith hat gesagt…
# Bunda Zasha : Silahkan mbak, silahkan ..
# Theresia : Makasih Theres dah mampir ..
# Amalia : Rasanya asin2 gurih dan rada renyah mbak, Thanks.
# Lidya : Kuwi tangane Meta bumil hi hi cuma dia precilku yang awet kurus ..TQ
# Dyah : Pindahan piye .. biar tentanggaan ama aku, he he! TQ
# StrawbrryFields : Makasih Mbak Evi ..
# Elsye : Thanks Sye, menggoda selera maksudmu ..
# Fanny : Makasih Fann ..
# Ayin : Bener Yin, pancen iki rada kriuk2 sih .. TQ
Tony hat gesagt…
lapeerrrr :D
Judith hat gesagt…
Silahkan dicicipi Bretzelnya Ton, buat tombo laper, hihi ..TQ

Beliebte Posts aus diesem Blog

Mini Terang Bulan Cake

Proll Pisang

Tahu Campur Situbondo