Batagor dan Batakus

Penampilan Batagor dan Batakus sederhana pada cara penyajian ...*hhaayaah! Cuma menu ini yang kubuat tadi siang untuk lunch-ku dan anak2. Suamiku pinginnya pasta a la Napoletana. Ok, jadi nggak musti repot2 amat. Mengingat si bungsu dan bapaknya sama2 lagi nggak sehat. Cuaca hari ini nggak gitu mendukung, jadi aku cuma bikin batagor sederhana ini dengan bakso atau otak2 ikan sebagai isinya. Dan itupun nggak harus bikin sendiri, melainkan pake frozzen Fish Rugby. Anak2 sempat melihat aneh penampilan batagor dengan tradisional penyajiannya. Biar afdol, porsi buat anak2 kusajikan dalam wadah tersendiri dengan tahu goreng isi ikan yang telah dikukus, iris2 beri saus kacang dan siap santap.
Sebagai bumbu kacang, masih banyak waktu buatku ngulek sendiri. Yang kuhaluskan dengan lumpang kesayanganku yaitu cuma kacang goreng, sedikit bawang putih, gula merah, garam dan cabe. Tinggal tambahkan sedikit air atau santan mateng dan perasan air jeruk limo. Buat anak2, nggak pake cabe tapi tambahkan saja sedikit kecap manis, selesai. Praktis kan ..*emang lagi nggak mau repot hiii ..


Fish Rugby ini yang kumaksud, kebetulan aku masih simpan 2 bungkus. Rasanya hampir sama dengan bakso ikan. Aku variasi cara memasaknya, yaitu sebagian kugunakan sebagai isi batagor dan isi batakus, trus sisa lainnya lagi aku goreng renyah dengan tepung tapioka, air dan sedikit garam, sebagai pembungkusnya. Nah, yang terakhir inilah kugunakan sebagai pelengkap Batagor sederhana-ku hari ini. Dengan penampilan yang agak tradisional dan pelengkap apa adanya, buatku lumayan cukup untuk tombo kangen kampung halaman nan jauh dimata ... Merdeka.

Photobucket

Kommentare

A.G hat gesagt…
fish rugby iku produk ndi bucil ? imoet ya.. wuih enak kui tinggal celup lup nek glepung trs guyeng sreng ra sah ngadoni :P..
nek disini ono bakso ikan thai bucil nek rasane yo ngono kæ lah :D..

wuih tengah wengi mandeng batagor dadi pengen :(

MERDEKA bucil... aku malah dadi melas ndelok ikon smile'e nangis :((
Ksatrio Mbojo Ireng hat gesagt…
Wah ini dia nih.. ide masak buat akhir pekan selanjutnya.. sayang 17an ini acaranya gak gitu meriah - ada kawan yang kena malaria.

Trims buat ide batagornya, salam hangat dari afrika barat!
si Dyah hat gesagt…
Mbak Judith....

Idenya menarik...saya mau coba ah. Sekarang mau beli tahu dulu di pasar! hehe

Dirgahayu mbak, dirgahayu!

Jauh di mata tapi dekat di hati!
Lidia Sianturi hat gesagt…
wah ketoke enak kuwi yo bucil fish rugby..praktis meneh..ning kene ono po ra yo? dadi pengin...sing digoreng mesti mak nyus kuwi...
mauuuuuuuuuu...
sefa firdaus hat gesagt…
enak juga ya bisa pake fish rugby.. ntar ah aku liat, siapa tau disini ada

semoga suami dan anak tercinta cepat sembuh -
merdeka!

aku juga sedih liat ikon nangisnya :(
Eucalyptus hat gesagt…
Fish Rugby tuh rasanya sama gak sama tekwan ya? Kan tekwan sagu + ikan tuh....
elsye hat gesagt…
bener2 menggoda selera...hikkaa jadi pengennnnnnn
Andri Kusuma Harmaya hat gesagt…
Terakhir maem batagor kuwi jaman taon 2003..nraktir gebetanku sing nang jogja..hehe..Pasangane karo es doger kuwi mbak..Iso gawe po ra kowe?
rosy hat gesagt…
wah mbak..penampilane menggoda iki..fish rugby.mmpraktis juga yo mbak.
btw, cepet sembuh buat yg lg sakit yo mbak...
merdeka hehehe meski tuelat bgt
piss ah. (o_o)_v
Judith hat gesagt…
# Ayin : Kayane produk Hongkong atau Korea gitu Yin (opo malah jepun? ..). Soale aku tukune neng toko Asia China bukan Thai. Rasane pancen enak kok. Lali nggak liat produk ngendhi ...

Merdeka juga Yin,pas aku nulis kiy lagi sedih aja inget bapakku di Ina hiks ..tambah misua dan si kecil sakit. Maturnuwun Yin..

# Ksatrio mbojo ireng : makasih mas, ini cuma batagor sederhana dan praktis aja. Diswiss juga upacaranya nggak meriah, denger2 aja. Karna memang lagi turun hujan dari siang ampe sore. Salam buat Afrika Barat ya ..

# si Diyah : Makasih Diyah, dirgahayu juga ..

# Lidya : Digoreng atau dikukus enaknya sama Lid, bocah2 suka juga yang dikukus rasane lebih kenyal. Tengkyu ..

# Sefa : Makasih Sef, Merdeka ..
sedih aja sih inget bapakku eh tambah suami dan si kecil sakit..
Fish rugby enak kok Sef ..

# Eucalyptus : Mbak, aku malah lupa ama rasane tekwan.. kayaknya beda mbak.TQ

# Elsye : Silahkan dicicipi Sye ..TQ

# Andri : Ndri, aku kelingan es doger tapi kok lali rasane toh ..

# Rosy : Merdeka juga Ros, nggak ada yang telat kok he he ..
xero hat gesagt…
hihihihihi kreatif banget tante ini! keliat enak banget... *ngiler
Judith hat gesagt…
Makasih Xero, silahkan dicicipi buat tombo ngiler ...*hihi
anisa hat gesagt…
mbak... rung tau maem iki, ketoke kok enak banget, kapan yo icip2. masakanmu pancen TOP
Judith hat gesagt…
Makasih Anisa, monggo dicicipi. Ayo semangat masak jeng ..*hihi

Beliebte Posts aus diesem Blog

Mini Terang Bulan Cake

Proll Pisang

Tahu Campur Situbondo