Homemade Pommesfrits

Kalau pas lagi banyak waktu, aku sering bikin pommesfrits buat camilan keluarga. Sebenarnya nggak cuman buat camilan tetapi bisa juga sebagai hidangan pokok untuk Lunch ataupun Dinner, yang tentu saja dilengkapi dengan lauk pauk lain seperti Chiken Nuggets, Fish Nuggets, Sosis ayam dll. sesuai selera. Lebih afdolnya sih cocol saos tomat dan saos sambal (kalo diswiss dicocol pake mayoneise)

Untuk menghasilkan pommesfrits yang crispy namun ekonomic, kita bisa membuatnya sendiri. Beberapa foto dibawah memperlihatkan bagaimana cara membuat homemade Pommesfrits. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa kentang adalah terdiri dari beberapa jenis dan sifatnya. Gunakan jenis kentang yang cepat masak, supaya menghasilkan pommesfrits yang renyah diluar namun lunak didalam.


Bahan yang dibutuhkan hanya beberapa kentang yang telah dikupas dan cuci bersih. Kemudian minyak goreng dibutuhkan agak lebih, untuk menggoreng (aku gunakan friteuse khusus untuk nggoreng pommesfrites) dan gunakan minyak bersih untuk menggoreng pommesfrits. Karena setelah digunakan, minyak goreng masih bisa disimpan untuk menggoreng lagi pommesfrits dilain waktu. Minyak goreng yang sudah tercampur lemak daging (ayam, sapi dll) akan mengurangi rasa pommesfrits dan nggak maksimum crispy.

Cara membuat :


Lihat gambar diatas secara bertahap kebawah ..

1. Potong kentang memanjang, kemudian rebus dalam air mendidih selama 3 menit. Jangan sampai kentang hancur pada saat direbus.

2. Angkat dan tiriskan diatas kain bersih dan menyerap air.

3. Diamkan selama 5 menit.

4. Kemudian goreng kentang dalam minyak yang cukup panas selama 1-2 menit. Angkat dan biarkan beberapa detik kemudian celupkan lagi dan goreng hingga kekuning kuningan dan cukup crispy. Angkat dan taruh dalam kom, kemudian taburi garam, ayak hingga rata. Hidangkan.

Selamat Mencoba ...

Maap teman temanku, poto2na nggak gitu bagus, soale pas waktu bikin pommesfrits ini, kamera handphoneku lagi error, hiks ...

Photobucket

Kommentare

A.G hat gesagt…
wah makasih bucil tipsnya.. biasane aku bikin sek tak goreng langung..ga so krispi soale 5 menit mentas soko minyak langsung memble :( bsk tak godoke sek.. drpd tuku sek frosenan :D
kentange pake sek kuning kue ya bucil soale sek kulite abang nglepung je :(
si Dyah hat gesagt…
oooo....jadi itu rahasianya biar crispy?

mbak...kentangnya namanya jenis doong, russet? ato apa? kita ini buta yang gini2 ... hehe

Tiap kali mampir ke sini...walaaah lapeeer deh rasanya!
Judith hat gesagt…
## To Ayin : makasih Yin, jangan pake kentang yang kulit merah ... Suka ditulis kok di supermaeket2 masing2 kentang cocok dimasak apa ... Met nyoba Yin.

## To Diyah : Makasih Diyah, kalo di Indonesia kentang jenis ini namanya kentang Tess. Cepat empuk dan kentangnya besar2, memang kentang khusus untuk bikin pommesfrits.
Lia hat gesagt…
wah enak ki dicocol saus indofood :D
si Dyah hat gesagt…
mbak Judith,

Saya tinggal di Singapura, apa di sini namanya juga kentang tess? Ato beli kentang produksi Medan ...itu kentang tess bukan yah? hehe

Ini serius tertarik mau praktek lho
Judith hat gesagt…
Jeng Diyah,

Aku rasa nama kentangnya nggak sama. Bisa ditanyakan langsung pada penjual yaitu jenis kentang yang untuk Pommesfrits. Biasanya bentuk kentangnya besar2 dan warnanya kuning pucat.

Biasanya sering tersedia di supermarket2 dalam kemasan plastik, sudah tertera nama dan fungsinya. Selamat mencoba Jeng Diyah, moga sukses ...
Eucalyptus hat gesagt…
Wah, jadi tau deh klo mau bikin kentang yang crispy.... thank's ya infonya
Judith hat gesagt…
Thanks Mbak Evi, selamat mencoba ya...
Retno Prihadana hat gesagt…
Jadi inget mertuaku, klo nggoreng kentang yo koyok ngene, di rebus disik, baru digoreng. Memang jadi lebih enak. Klo yang jenis speisekartoffel cocok nggak ya dibikin kering kentang...lha koq jadi kering kentang sehh
Bundazasha hat gesagt…
ck...ck...ck, kentang e ayu2 lho. aku jd dpt ilmu baru nih. jd gitu tho kalo pingin pommesfrits nya ngrispy. yup....nyontek ya bucil..boleh dunk...thx
Judith hat gesagt…
## To J Retno : Kering kentang aku juga seneng mbak, mau ... aku belum pernah nggawe ki ^_^

## To BundaZasha : Silahkan mbak silahkan, thanks ..

Beliebte Posts aus diesem Blog

Mini Terang Bulan Cake

Proll Pisang

Tahu Campur Situbondo