Dark Choco Soes

Soes isi Coklat dalam variasi lain

Kemarin sore kubikin soes ini buat malem acara konzertnya Diaz di Aula sekolah. Karena anak2 juga turut datang selain sebagai peserta juga sebagai tamu undangan, maka terpikir olehku untuk bikin soes ini dengan aneka isi dan berbagai macam cara penyajiannya. Supaya berkesan meriah dimata anak anak. Peserta dan penonton seluruhnya hanya 105 orang saja. Beberapa menit setelah konzert, aku sempat nervous karena segerombolan bocah2 datang menyerbu di meja prasmanan yang berisi aneka dessert dan Softdrink. Sedangkan penataan meja masih sedikit amburadul alias belum rapi. Tetapi akhirnya semua berjalan dengan lancar dan seperti biasa semua hidangan habis !


S0es isi Vanilli dan Coklat tabur gula halus

Bahan kulit :

- 250 ml air (aku ganti dengan susu cair)
- 80 gr mentega
- 1/2 sdt garam halus
- 2 sdt gula pasir
- 180 gr tepung terigu
- 4 btr telur

Cara membuat :

1. Masak mentega dan air/susu bersama, kecilkan api.

2. Tuangkan tepung, gara, gula dan baking powder. Aduk aduk rata hingga adonan licin/kalis. Matikan api, sisihkan adonan biarkan sampai agak dingin

3. Tuangkan telur satu persatu sambil aduk hingga rata.

4. Cetak kue sus dengan menggunakan spuit dan pipingbag, modelanya sesuai selera.

5. Panggang dalm oven selama 25 menit dengan temperatur 180°

6. Selesai, angkat dan biarkan dingin. Kemudian gunting tengahnya dan beri isi vla coklat.


Bahan Vla :

- 1/2 (lebih sedikit) ltr susu cair
- 2 sdm susu kental manis
- 4 sdm gula pasir
- 125 gr maizena + 1/2 sdt vanilli
- 1 sdm bubuk darkchocolate

Cara membuat :

1. Masak susu cair + susu kental manis bersama dengan gula dan vanilli. Sebelumnya sisakan sedikit susu cair untuk melarutkan maizena dan bubuk darkchocolate.

2. Setelah susu sudah agak panas, masukkan perlahan larutan maizena + DC sambil terus aduk rata hingga tidak tampak gumpalan. Angkat dan dinginkan.

3. Isi kurleb 1 sdm kedalam kue soes yang telah dibelah bagian tengahnya. Rapatkan kue soes. Begitu seterusnya hingga selesai. Kemudian hiasi kue soes sesuai selera, sebelum disajikan.

Tip :

## Selama memanggang kulit soes jangan membuka oven hingga batas waktu yang telah ditentukan.

## Untuk jumlah porsi, tergantung pada ukuran besar kecilnya kulit soes. Kalau kue soes mini tentu saja hasilnya akan lebih banyak. Satu resep ini menghasilkan kurleb 15 kulit soes ukuran sedang. Q pake 4x resep ...

Kommentare

Anisa hat gesagt…
enake... mau banget maemnya... gak pake bikin sendiri.
mbak.... penjenengan bener2 top deh, ibu yg super duper kreatif. makanannya uenak2... anak2 pasti seneng punya mamah yg top abis gini. btw putra putri njenengan kok iso ayu2, ngganteng2 iku resepe opo to mbak...:D
Widya Puteri hat gesagt…
bener-bener bikin ngiler jeng soesnya, aku beberapa kali bikin soes, ada yang sukses ada yang gatot hehehee... padahal resepnya sama lho!! wes gakpapa deh... namanya juga usaha ya jeng, usaha menyenangkan keluarga :)
A.G hat gesagt…
wah dadi pgn bikin soes maning :D
hmm air diganti ma susu makin gurih no bucil
Eucalyptus hat gesagt…
Wuaaah.... gantian bikin ngecezzzz neh tiap kali kesini ada aja foto2 yg bikin ngiler....
Judith hat gesagt…
## To Anisa : Thanks Anisa ...

Wah kalo resep yang itu aku nggak tau, tiba tiba dah jadi! kikikiikk ...

## To Widya Putri : Makasih Widya, aku juga melalui beberapakali gagal tapi akhirna jadi juga. Semangat terus Wid, kamu pasti bisa (^_^)

## To Ayin : Bikin lagi Yin, kalo kita dah biasa mah cepet kok. Pancen uenak pake susu, soes jadi lunak. Maturnuwun Yin ...

## To Eucalyptus : Makasih jeng Evi, silahkan dicicipi he he ..
Si Jagoan Makan hat gesagt…
aku kalau bikin kok mimpessssss
Judith hat gesagt…
Thanks Ndol, ada petunjuknya supaya kue soes nggak mimpesss atau gatot. Yang penting takaran Air dan mentega nggak beda jauh, cara mengaduk yang benar dan jangan buka oven sebelum waktu yang ditentukan ...

Met Berkarya Ndol ..

Beliebte Posts aus diesem Blog

Mini Terang Bulan Cake

Proll Pisang

Tahu Campur Situbondo