Bubur Sambelgoreng


Dulu ketika masa kanak2ku di jawa tepatnya kota Solo, eyangku sering beli bubur sambelgoreng di Porwosari atau kadang di Penumping. Menurutku, hidangan ini sangat enak dan hangat sebagai ganjel perut, he he.
Pada waktu itu eyang beli bubur ini sebagai hidangan santap pagi atau sarapan tetapi juga kadang sebagai hidangan makan malam. Kalo pagi2 dijual di Penumping dan kalau sore2 dijual di Porwosari, berderetan dengan para bakul2 ayam panggang / bakar.
Lebih uniknya lagi hidangan ini apabila untuk take away dikemas dengan menggunakan daun pisang, ooh .. so cantiknya dan sangat Tradisional. Selain rasanya enak gurih dan pedas begitupula unik kemasannya tetapi harganyapun juga murah meriah ...
Tersedia dalam berbagai macam sambalgoreng-nya yaitu sambalgoreng tahu & tempe / telur, juga ada Opor ayam. Wah, pokok-e enak deh .. mengingat hidangan ini aku jadi pingin bikin sendiri, tapi aku hanya menggunakan ayam cincang dan telur rebus yang kemudian kubuat sambalgoreng ala kota Solo. Hasilnya tetap enak sih walau tak selengkap bubur sambelgoreng di Porwosari - Solo.
Setidaknya keinginanku untuk makan bubur sambelgoreng sudah terpenuhi, maturnuwun ...

Kommentare

Elyani hat gesagt…
Dith, kalau di Solo pernak-pernik buburnya macam2 tho! Kalau aku senangnya bubur yang dimasak dengan kaldu ayam kampung, terus seledri dan bawang gorengnya aja yg boleh banyak..hehehe! Cakue kalo ga baru ngangkat, emoh...wis pokoknya wel rewel lah!
.... Lia ... hat gesagt…
Dith.. he eh disolo mah byk makanan yo...kalau mudik aku suka bingung mau makan yang mana ya...hiks...bikin rindu aja buburmu itu...ada resep bikin bubur lemu gak dith?
A.G hat gesagt…
mbak Judith iki dikasi sambel goreng krecek jg mantep. Mak nyus gitu lhooo :D
ks bubur lemu dpasarku dikasi pecel hehe.. :) ato sambel tumpang... walah enak maneh. Kangen sarapan sego pecel sambel tumpang dibelakang rmh sakit kasih ibu...tempat indekostku biyen :(
Judith hat gesagt…
Terimakasih banyak untuk Elyani, Lia dan Ayin ... Salam.
Mochachocolata Rita hat gesagt…
wah mba, aku pas keliatan bubur ini...deket banget sama jam makan siang...ngiler + perut kruyuk2 sampe temen2 sekantor cekikikan hehehe, judulnya "berlaloe dengan maloe"...hahaha

Beliebte Posts aus diesem Blog

Mini Terang Bulan Cake

Proll Pisang

Tahu Campur Situbondo