Sambelgoreng Udang ala daku


Beginilah aku kalo bikin Sambelgoreng, overdosis Pete ...

Dimana tempat daku tinggal, memang ada dijual pete tapi tuh pete ngimport dari negoro Thailand, sudah dikupas bersih dan dalam kemasan vacum. Mahal tentu saja...
Makanya kubikin Sambalgoreng ajalah biar sang pete tak bersisa. Duuh inget masakannya Nenek...
  • Bahan dan bumbu untuk Sambelgoreng :

- 1/2 kg. Udang kupas, biarkan ekornya, beberapa telur puyuh, pete secukupnya, cabe merah besar, 6 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 3 butir kemiri, 4-5 biji ebi, lengkuas, gula, garam, kaldu sapi instant, 3 gelas santan cair + 1 gelas santan kental, minyak buat numis.

  • Cara memasak :

1. Haluskan terlebih dahulu kemiri, bawang merah + putih, ebi dan cabe merah besar.

2. Panaskan minyak dengan api sedang, tumis semua bumbu yang sudah diuleg kemudian masukkan juga lengkuas dan udang yang sudah dicuci bersih, teruskan menumis dan aduk sampai berbau harum..

3. Masukkan terlebih dahulu santan cair, aduk dan biarkan plus minus 10 menit. Kemudian masukkan bumbu yang lain seperti garam, gula, kaldu sapi instant. Terakhir, masukkan santan kental pelan2 sambil terus aduk secara bertahap, biarkan beberapa menit sampai kuah agak kering (biar kayak rendang,hi hi..). Selesai. Apalagi? hidangkan...

Resepku ini biasa2 saja seperti lumrahnya ibu2 RT yang lain, tapi ya begitulah lauk paukku sehari2... senang rasanya bisa berbagi resep tuk temen2. Tapi sangat disayangkan!... Precil2ku nggak ada yang doyan hidangan ini begitu juga suamiku... Jadi kalo aku masak apa aja yang pake pete kadang kuberbagi dengan tetanggaku saja, beliau orang Eropa tapi doyan makan pete! Eh, ternyata ...

Tengkyuu perymazh ...

Kommentare

Bunda Azra hat gesagt…
ooooh di swiss ada pete juga yah hihi...
Mbak, doyan pete juga ya..... Kok sama? :)
elyani hat gesagt…
hmmm...jadi inget sama kakak-ku waktu jalan2 ke Kuntum Nursery, Tajur, Bogor. Disana kan ada masakan Sunda. Wah yang pertama diserbu semut jengkol, makan-nya sampai beberapa keping lagi sambil manas2in daku kalo jengkol ga sebau pete ... wakakak! Ngomong2, pete satu papan di Thun berapa harganya, Dith? Just curious :)

Beliebte Posts aus diesem Blog

Proll Pisang

Mini Terang Bulan Cake

Tahu Campur Situbondo