Home made Bread



Berawal dari capek, nggak enak badan dan cuaca yang nggak mendukung, jadi ogah2an mo blanja. Belsebeelll..
Inget2 sang suami belum ada Roti untuk bekalnya besok, ya udah aku bikin aja roti ala dapurku tapi dengan cara praktis biar akunya juga ngirit tenaga, hihihi ...
Mulai dengan persiapan bahan2 hingga cara nguleni, semua terpikir dibenakku.
Akhirnya, malam sekitar jam 2o.30 wkt CH, aku mulai ber ribut2 ria dengan perkakas perang di dapur. Precil2 sudah kukirim tidur di kamar masing2 sementara si kecil nungguin mamanya dengan setia, hingga dia ketiduran di dapur, ooh kecian ...

Tak lama, 10 menit kemudian Papanya precil datang pulang dari training Uni Hockey, sport kesayangan-nya. Tenang deh daku, hehe jadi ada yang nemenin ngobrol sambil nunggu si adonan roti berkembang trus manggang di oven plus plus plus. Begitu roti jadi aku sempetin njepret bentar kali ada ide tuk diposting, hehehe...

Dalam proses nguleni aku nggak mau repot2 amat jadi aku gunakan mixer dengan stang khusus untuk ngaduk adonan roti / pizza. Mixerku ini masih model lama tapi ndak apa2, toh masih berfungsi. Terimakasih, aku akan tetap merawatmu ...

  • Bahan2 :

- 600 gr. Gandum

- 50 gr. fermipan instant / Ragi utk roti

- 1/2 sdt. garam halus

- 500 ml. Susu cair fullcream hangat, sisakan dingin plusminus 3 sdm. untuk olesan.

  • Cara membuat :

1. Campur semua adonan bersama dalam baskom kemudian aduk dengan mixer kecepatan sedang selama 40 menit. Matikan mixer, diamkan adonan dalam temperatur kamar / tutup dengan kain basah namun hangat, biarkan hingga mengembang.

2. Bentuk adonan sesuai selera atau masukkan dalam cetakan kue ukuran 25 x 10 x 7 cm. yang telah dialas kertas roti / backpapper.

3. Panggang dalam oven dengan temperatur 190° selama 45 menit.

4. Setelah roti matang, angkat dan olesi permukaan roti tipis2 dengan susu cair fullcream yang sudah diberi sedikit garam. Selesai, hidangkan setelah dingin.

Roti ini sangat sederhana tapi enak dan mengandung gizi. Kadang precilku makan roti seperti ini sebagai pengganti nasi. Bagi yang belum terbiasa memang rada aneh sih rasanya. Apalagi aku yang taunya cuma bikin dan cicipin doang, hehehe. Buatku Nasi adalah hidangan pokok-ku.

Selamat mencoba.

Kommentare

Beliebte Posts aus diesem Blog

Mini Terang Bulan Cake

Proll Pisang

Tahu Campur Situbondo